Top News: Tren Bisnis Panas Bumi, 14 BUMN Sakit Bakal Dibubarkan

Aryo Widhy Wicaksono
10 Januari 2024, 05:40
Ilustrasi energi panas bumi
PGE
Ilustrasi energi panas bumi
Button AI Summarize

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Indonesia menyimpan 40% cadangan panas bumi dunia. Dengan sumber tersebut, pemerintah menargetkan kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dapat mencapai 22 Gigawatt (GW) pada 2060 nanti.

Pemerintah optimistis target itu bisa tercapai karena telah berkomitmen untuk mendorong pengembangan energi hijau.

Dukungan pengembangan energi melalui panas bumi salah satunya melalui penyediaan skema bisnis yang lebih menjanjikan, dan pengembangan inovasi teknologi yang lebih terjangkau.

Bisnis panas bumi pun tengah naik daun, dengan beberapa perusahaan sektor ini yang melesat nilai sahamnya. Hal ini menjadi salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bisnis Panas Bumi Naik Daun, Ini Daftar Perusahaan Geothermal di RI

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Indonesia menyimpan 40% cadangan panas bumi dunia. Pemerintah menargetkan kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dapat mencapai sebesar 22 Gigawatt (GW) pada tahun 2060.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mengaku optimistis target itu bisa tercapai karena pemerintah telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan energi hijau tersebut.

Ma’ruf mengatakan dukungan pengembangan panas bumi yang dilakukan pemerintah salah satunya melalui penyediaan skema bisnis yang lebih menjanjikan dan pengembangan inovasi teknologi yang lebih terjangkau.

“Dengan dukungan ini, kami optimis dan diharapkan pada 2060 kapasitas pembangkit panas bumi di Indonesia bisa mencapai 22 GW,” ujar Ma'ruf di Jakarta Convention Center, pada September tahun lalu.

2. Mengenal Profesi Selebgram, Definisi dan Perlakuan Perpajakannya

Saat ini istilah selebgram pastinya tidak asing di telinga publik, terutama bagi mereka yang aktif di media sosial. Istilah ini merujuk kepada seseorang yang menjadi terkenal atau populer melalui platform media sosial Instagram.

Selebgram bisa berasal dari berbagai latar belakang, termasuk model, selebriti, ahli makanan, perancang busana, atau individu biasa yang mendapatkan ketenaran melalui konten yang menarik di Instagram.

Selebgram kerap bekerja sama dengan merek atau brand untuk mempromosikan produk atau layanan, dan kehadiran mereka di Instagram dapat memberikan pengaruh besar dalam hal tren dan preferensi di dunia maya.

Banyak online shop dan perusahaan besar menggunakan jasa seorang pengguna Instagram, yang memiliki follower banyak untuk mempromosikan produk. Dari sini, muncul istilah profesi baru, yakni selebgram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...