Muhaimin Yakin Dukungan Khofifah ke Prabowo Tak Pengaruhi Suara AMIN

Amelia Yesidora
11 Januari 2024, 13:33
Khofifah dan muhaimin
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan) berdialog dengan kalangan generasi muda dalam Diskusi Slepet Imin di Kota Metro, Lampung, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, mengaku tidak terkejut atas dukungan Khofifah Indar Parawansa bagi pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Menurut Muhaimin, Gubernur Jawa Timur ini memang kerap berbeda arah politik dengan sikap Partai Kebangkitan Bangsa. 

Khofifah merupakan kader PKB. Ia juga aktif di Nahdlatul Ulama dan menjadi Ketua Muslimat yang merupakan organisasai perempuan terkemuka di NU. Menurut Muhaimin pilihan Khofifah juga sering berbeda dengan pilihan politiknya. 

“Bahkan pada Pilgub 2018, pilihan Khofifah di Jawa Timur beda dengan PKB. Jadi bukan hal baru,” kata Muhaimin yang juga menjabat Ketua Umum PKB seperti dikutip Kamis (11/1). 

Muhaimin mengatakan dukungan Khofifah untuk Prabowo tidak akan berpengaruh terhadap perolehan suara Anies Baswedan - Muhaimin di Jawa Timur. Ia optimistis suara AMIN tetap unggul di Jawa Timur, meski gubernurnya berada di gerbong capres lain. 

 “Daya tahannya kuat, sehingga tidak ada urusannya dengan Khofifah. Itu hak demokrasi masing-masing,” ujar Cak Imin.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 lalu tercatat sebagai kali ketiga Khofifah maju sebagai calon gubernur. Pada 2018 ini, Khofifah maju bersama Emil Dardak selaku calon wakil gubernur. Mereka maju diusung oleh enam partai, yakni Demokrat, Golkar, Nasional Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, dan Partai Amanat Nasional. Khofifah-Emil mengalahkan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, PKB, Partai Keadilan Sejahtera dan Gerindra.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...