Khofifah Resmi Masuk TKN Prabowo, Akan Hadir Perdana di Debat Keempat

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2024, 14:22
khofifah, tkn, prabowo
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) berbincang dengan pedagang saat kunjungan di Pasar Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023).
Button AI Summarize

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi ditunjuk sebagai Dewan Pengarah sekaligus Juru Kampanye Nasional alias Jurkamnas Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Khofifah akan mulai aktif membantu kampanye pemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada 21 Januari 2024. 

Ketetapan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Nomor SKEP/769/TKN-PG/I/2024. SK itu ditetapkan oleh Ketua TKN Rosan Roeslani dan Sekretaris TKN Nusron Wahid pada 10 Januari 2024.

"SK-nya mungkin baru efektif tanggal 21 Januari. Maka pas debat capres keempat beliau sudah tampil terbuka," kata Nusron di Kantor Media Center TKN, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1).

Nusron mengatakan Khofifah akan cuti dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur selama mengikuti kampanye pemenangan Prabowo-Gibran. "Beliau akan cuti untuk sampai proses pemenangan," ujar Nusron.

Nurson optimistis keberadaan Khofifah di TKN dapat memperbesar peluang Prabowo-Gibran menang Pilpres satu putaran. Khofifah dinilai mampu mengerek suara pemilih, terutama dari basis masa warga Nahdliyin, dalam hal ini Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024.  Selain menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah saat ini merupakan Ketua Umum PP Muslimat NU.

Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Desember 2022 menunjukkan bahwa Khofifah juga merupakan satu dari tiga tokoh NU yang memiliki kekuatan elektoral tinggi di kalangan pemilih Nahdliyin.

Nama tokoh lainnya adalah Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Muhaimin punya kekuatan elektoral di pemilih NU sebesar 18,2%. Diikuti Mahfud dengan 18% dan Khofifah 15,4%.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...