Anies Cemas Umpatan hingga Ancaman Dibiarkan akan Ganggu Demokrasi

Amelia Yesidora
11 Januari 2024, 19:18
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyalami sejumlah buruh di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1/2024).
ANTARA FOTO/Andry Denisah/tom.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyalami sejumlah buruh di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan buka suara terkait ungkapan dan umpatan kasar yang dilontarkan Prabowo Subianto atasnya. Anies beranggapan masyarakat bisa menilai menilai calon pemimpinnya dalam proses yang terjadi.

Anies menilai umpatan dan ancaman yang dibiarkan akan mengganggu proses demokrasi. “Jadi bila sikap-sikap ancaman, sikap-sikap yang tidak sopan itu dibiarkan begitu saja, nanti mengganggu iklium demokrasi kita,” kata Anies di Samarinda, Kamis (11/1).

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mendukung kebebasan berpendapat dan ingin menciptakan demokrasi berupa kebebasan untuk mengkritik pemerintah. Di sisi lain, pemerintah juga tidak boleh anti pada kritik dan sanggahan. "Pemerintah tidak boleh anti kritik, pemerintah tidak boleh anti pada sanggahan," kata dia.

Proses kampanye merupakan ajang penilaian masyarakat dalam memilih pemimpin. Anies menilai seharusnya pemimpin harus bisa menerima kritik dan sanggahan. “Ini masih bagian dari pemanasan. Nanti kalau tugas di pemerintahan, bagaimana?” tanya Anies.

Tidak hanya menerima umpatan, Anies juga mendapat ancaman tembakan di kepalanya. Ujaran ancaman ini ditulis di kolom komentar TikTok atas potongan video debat capres ketiga pada Minggu (7/1).

Anies berharap hal ini dihentikan. Ia menyerahkan ancaman tersebut ke aparat penegak hukum. Namun, Timnas AMIN masih belum berencana membawa ancaman ini ke ranah hukum.

Ketua Dewan Pakar Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin (THN AMIN), Hamdan Zoelva juga tak akan melaporkan Prabowo yang sempat menyinggung Anies dengan kata-kata 'goblok' di Riau, Selasa (9/1).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...