Ganjar Akan Buat KPI Menteri: Tidak Perform, Partai Pengusung Tarik

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2024, 23:33
Ganjar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) memberikan paparan saat menghadiri Demokr(e)asi di Jakarta, Senin (8/1/2024). Dalam kesempatan tersebut Ganjar Pranowo mendengarkan cerita dan aspirasi publik dalam berbagai hal diantaranya tentang ekonomi hijau dan penciptaan lapangan kerja.
Button AI Summarize

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berencana menerapkan indikator kinerja atau key performance indicator (KPI) bagi para menteri apabila dirinya terpilih menjadi presiden periode 2024-2029.

Ganjar menjelaskan, penggunaan KPI nantinya bakal menjadi instrumen penilaian terhadap kinerja menteri. Para menteri yang mendapat penilaian KPI rendah akan ditarik dan diganti oleh sosok yang diusulkan oleh partai pengusung.

"Kalau menteri enggak perform, maka 'halo partai pengusung, tolong ganti. Tarik," kata Ganjar saat mengisi dialog Capres 03 bersama Kadin di Djakarta Theater pada Kamis (11/1).

Dia menambahkan, indikator penilaian KPI nantinya berasal dari masyarakat atau mitra pemerintah seperti para pelaku usaha dan industri. Adapun wacana mengenai penggunaan KPI bagi para menteri berawal dari para keluhan pengusaha yang tergabung Kamar Dagang dan Industri (Kadin) terkait adanya BUMN yang menunggak pembayaran kepada perusahaan swasta. "Ini yang menilai masyarakat loh ya, bukan saya," ujar Ganjar.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Juan Permata Adoe. Menurutnya sinergi antara BUMN dan swasta belum berjalan optimal sehingga kerap terjadi sering tumpang tindih dalam pembagian wilayah kerja atau playing of field.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...