Maruarar Sirait Tinggalkan PDIP, Hasto: Partai Tengah Berjuang

Ade Rosman
16 Januari 2024, 11:42
PDIP
Antara
Maruarar Sirait mundur dari PDIP. Foto: Antara.
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto tak mempersoalkan mundurnya Maruarar Sirait dari partai banteng. Hasto menyebut DPP PDIP telah menerima pengunduran diri Muarar.

“Pak Ara Sirait telah mengajukan pengunduran diri dengan menyerahkan KTA Partai,” ujar Hasto seperti dikutip Selasa (16/1). 

Menurut Hasto untuk menjadi anggota suatu partai haruslah didasarkan pada kerelaan. Karena itu, ia menyebut keputusan untuk mundur dari partai juga bisa disampaikan kapan saja. 

Ia menyebut mundurnya Maruarar dari partai boleh jadi karena alasan pribadi. Apalagi ia menyebut Maruarar sekarang lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pengusaha berhasil. “Beberapa foto Pak Ara dengan pengusaha menunjukkan keberhasilan itu,” ujar Hasto. 

Di sisi lain, Hasto menyebutkan pengunduran Maruarar sejalan dengan konsolidasi kader yang tengah dilakukan PDIP. Menurut Hasto partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu sedang berjuang menegakkan demokrasi. 

"Pengunduran diri tersebut sebagai bagian dari konsolidasi kader Partai, mengingat pengunduran diri terjadi pada saat Partai sedang berjuang untuk menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi," ujar Hasto. 

Hasto mengatakan masa menjelang pemilu dan pilpres sekaligus menjadi momen untuk mengoreksi upaya yang mencoba untuk melanggengkan kekuasaan. Meski begitu ia tidak menjelaskan lebih lanjut siapa figur yang dimaksud melanggengkan kekuasaan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...