Pembangunan Kantor Otorita IKN Dimulai, Jokowi Gelontorkan Rp 509 M

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Januari 2024, 13:19
IKN
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Pekerja menyelesaikan proses pembangunan lapangan upacara di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Gedung Kantor Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (17/1). Jokowi menguraikan kantor itu dibangun di atas lahan seluas 28 ribu meter persegi dengan nilai konstruksi Rp 509 miliar.

Menurut Jokowi fasilitas kantor OIKN mencakup gedung utama, gedung pusat data serta pusat komando atau command center sebagai pusat koordinasi dan pemantauan untuk berbagai kegiatan di IKN. Proyek tersebut juga mencakup pengadaan infrastruktur kawasan yang sanggup memuat kapasitas 600 orang pada tahap pertama.

“Gedung ini akan menjadi tempat bekerjanya para pegawai Otoritas IKN yang juga akan dilengkapi layanan terpadu satu pintu,” kata Jokowi dalam siaran pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (17/1).

Jokowi menjelaskan, adanya fasilitas pusat data dan command center serta wahana ‘urban gallery’ bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara aktual atau real time. Terobosan ini diharapkan bisa memberi pelayanan yang lebih cepat dan profesional.

Jokowi berharap Gedung Kantor Otoritas IKN dapat segera diselesaikan agar seluruh kegiatan Otorita IKN semakin terorganisasi, terpusat dan optimal. “Dan karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan IKN dan mewujudkan Kota Nusantara yang kita cita-citakan,” ujar Jokowi.

Pada lawatan dinas kali ini, Jokowi dijadwalkan menghadiri 11 agenda dari pukul 10.50 hingga 18.05 WITA. Jokowi akan mengawali kunjungan kerja di IKN untuk meresmikan Nusantara Logistic Hub milik BUMN Pos Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan groundbreaking Masjid Negara, Kantor Otoritas IKN (OIKN), dan Memorial Park yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Presiden juga dijadwalkan untuk meresmikan pembangunan Kantor Lembaga Penjamin Simpanan, dan studio siaran radio milik RRI di IKN. Di sela-sela agenda groundbreaking, Jokowi dan rombongan juga akan meninjau training center atau lokasi tempat latihan Tim Nasional Indonesia milik PSSI.

Jokowi juga akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur milik swasta seperti hotel bintang lima dari Jambuluwuk Group, area pergudangan oleh SUN Hub dan pembangunan Nusantara Warehouse Park oleh perusahaan lokal Kalimantan Timur, yaitu PT Wulandari Bangun Laksana. Selain itu, Jokowi juga akan meresmikan pembangunan Green Pesantren oleh BenihBaik.com, Jejakin, dan Katadata Green.



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...