Pabrik Terafiliasi Sinar Mas di Karawang Bocor, 123 Warga Keracunan

Ira Guslina Sufa
22 Januari 2024, 11:39
Pabrik kertas
Tjiwi Kimia
Ilustrasi pabrik kertas
Button AI Summarize

Kebocoran gas dilaporkan terjadi di pabrik kertas yang terafiliasi dengan Grup Sinar Mas, PT Pindo Deli Pulp And paper Mills II Karawang, pada Sabtu (20/1). Kebocoran menyebabkan masyarakat di sekitar pabrik ikut terdampak. 

Merujuk laman resmi perusahaan, Pindo Deli merupakan pabrik kertas yang berdiri sejak 31 Januari 1975 dan bergabung dengan Asia Pulp & Paper (APP) pada 1997. Adapun APP adalah lembaga yang menaungi sejumlah pabrik pulp dan kertas yang memproduksi pulp, kertas dan produk turunannya. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mencatat sebanyak 123 mengalami keracunan gas dari pabrik PT Pindo Deli 2 tersebut. Para korban harus menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kebocoran coustic soda PT Pindo Deli 2 yang terjadi pada Sabtu (20/1) malam mengakibatkan seratusan orang harus dirawat di rumah sakit," kata Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, seperti dikutip dari Antara, Senin (22/1). 

Aep mengatakan ratusan orang yang terdampak peristiwa keracunan itu dibawa ke beberapa rumah sakit yaitu Rumah Sakit Rosella, Rumah Sakit Mandaya, Rumah Sakit Bayukarta dan Rumah Sakit Primaya. Aep pun telah mendatangi para korban keracunan gas itu.

Lebih jauh Aep mengatakan pemerintah Karawang telah melakukan mitigasi penanganan masyarakat yang menjadi korban. Menurut dia korban yang keracunan terdiri atas anak-anak, orang tua dan ibu hamil. 

Para korban mengaku merasakan gejala yang hampir sama, yakni pusing, mual hingga muntah dan sesak nafas. Selain itu, ada juga korban yang sampai pingsan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...