Debat Cawapres Menyisakan Gimik dan Saling Serang, Isu Pokok Dilupakan

Rena Laila Wuri
22 Januari 2024, 17:13
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersalaman dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). De
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersalaman dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Button AI Summarize

Debat cawapres atau calon wakil presiden lebih banyak menonjolkan gimik dan saling serang antar kontestan. Pada akhirnya, masyarakat lebih banyak membicarakan gimik serta saling serang antar kontestan, dibandingkan gagasan dan isu pokok yang diangkat dalam debat.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro, mengatakan semua cawapres sebenarnya tidak menguasai isu pokok debat pilpres keempat yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu (21/1). 

“Sebetulnya ketika satu menyampaikan data, meskipun datanya mungkin belum tentu benar, pihak yang lain tidak bisa mengkoreksi. Ini problemnya sehingga gagasannya tidak bisa tampil kemudian hanya berputar-putar,” kata Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro, kepada Katadata.co.id, Minggu (21/1).

Komaidi melihat para paslon saling menyerang, bukan adu gagasan. Hal itu menyebabkan diskusi masyarakat setelah debat cawapres lebih banyak mengenai etika, bukan mengenai gagasan para pasangan calon.

“Komentarnya orang tidak melihat substansinya, tetapi melihat Gibran kok menyerang yang sudah senior,” ucapanya. 

Komaidi menilai gagasan-gagasan para paslon sebenarnya bagus. Akan tetapi, materi atau gagasan yang sudah disiapkan para tim suksesnya belum terlalu dipahami.

“Saya kira juga perbedaannya di daya serapnya saja dari apa yang ditransfer dari timses ke masing-masing,” ujar dia.

 Debat Cawapres Diwarnai Gimik dan Saling Serang 

Para cawapres saling serang dan lakukan gimik tadi malam. Pada sesi pertama saat penyampaian visi dan misi, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskadar langsung mengeluarkan serangannya kepada salah satu Capres.

Ia menyinggung bahwa program food estate yang diinisiasi Joko Widodo tidak bermnafaat dan harus dihentikan. Padahal, program food estate merupakan andalan yang diusung Prabowo-Gibran.

"Food estate terbukti mengabaikan petani, kita meninggalkan masyarakat adat dan menyebabkan konflik agraria dan bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...