Megawati Ulang Tahun ke-77, PDIP Ungkap Sikap Tolak Jabatan 3 Periode

Ade Rosman
23 Januari 2024, 10:24
Megawati
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri berpidato di sela Rakernas III PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu (7/6/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berulang tahun ke-77 tahun pada Selasa (23/1). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengaku menerima banyak kiriman video ucapan untuk Presiden ke-5 RI tersebut.

Hasto menyebut, melalui video yang dikirimkan itu banyak apresiasi untuk Megawati karena dianggap teguh menjalankan prinsip menjaga demokrasi. Hal itu, kata Hasto, berkaitan dengan sikap Megawati yang menolak jabatan Presiden 3 periode.

“Meskipun sikap Ibu Mega dan PDI Perjuangan di dalam menolak perpanjangan jabatan dan masa jabatan 3 periode membawa konsekuensi dalam Pemilu 2024 ini, namun kokohnya Ibu Mega terhadap konstitusi itulah yang menjadikan Beliau tampil sebagai penjaga demokrasi," kata Hasto dalam keterangannya, Selasa (23/1).

Hasto mengatakan, PDIP meneladani sikap mega yang dianggapnya penjaga demokrasi tersebut. Ia pun menyinggung intimidasi yang diklaimnya tengah terjadi mendekati hari pencoblosan. 

“Dengan meneladani perjuangan beliau, maka  berbagai intimidasi yang terjadi saat ini, justru menjadi pupuk semangat untuk semakin kokoh di dalam mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin," kata Hasto.

Di sisi lain, Hasto mengungkapkan perayaan ulang tahun Megawati akan dilaksanakan secara daring. “Seluruh jajaran Partai ikut bergembira dan ungkapan syukur dilakukan dengan membagi tumpeng untuk rakyat."

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...