Jadwal dan Zonasi Kampanye Akbar, Prabowo Anies Rebutan di Jakarta

Ira Guslina Sufa
23 Januari 2024, 07:20
jadwal Kampanye terbuka
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Puluhan ribu pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memadati kampanye terbuka perdana bertajuk Hajatan Rakyat di Lapangan Tegalega, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis jadwal kampanye akbar untuk partai politik dan pasangan capres cawapres di pemilihan umum 2024. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan KPU bakal memastikan para peserta pemilu patuh dengan jadwal dan zonasi dengan menyiapkan teguran. 

"Nanti dapat teguran kalau seandainya betul bahwa kampanye di luar jadwal dan kampanye yang ditentukan. Ini kan tidak sekadar zonasi, tetapi juga ada jadwalnya," kata Hasyim seperti dikutip Selasa (22/1). 

Hasyim mengatakan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengawasi setiap zona kampanye terbuka. Berdasarkan hasil rapat antara KPU dengan perwakilan partai dan tim sukses pasangan calon peserta Pilpres 2024, lanjut Hasyim, telah disepakati agar pasangan calon presiden dan wakil presiden menaati jadwal zonasi kampanye terbuka.

Menurut dia, untuk memudahkan pengaturan kampanye dibutuhkan pengelompokan zonasi, agar partai politik koalisi pendukung pasangan calon dapat berkampanye di zona yang sama. Demikian juga bagi partai politik, yang tidak menjadi bagian dari gabungan partai politik pengusung pasangan calon bersangkutan, telah ditentukan dengan zonasi tersendiri.

KPU pun telah menetapkan tiga zona untuk kampanye akbar Pemilu 2024, yakni Zona A, Zona B, dan Zona C. "Berdasarkan kesepakatan itulah yang kemudian dibuat keputusan KPU tentang jadwal dan juga zona kampanye yang menggunakan metode rapat umum. Pada prinsipnya begitu," ujar Hasyim.

Meski demikian, KPU memberikan keleluasaan kepada tim sukses pasangan calon pada H-3 atau tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye terbuka berakhir untuk berkampanye di seluruh wilayah Indonesia tanpa menggunakan ketentuan zonasi. Kampanye rapat umum Pemilu 2024 berlangsung selama 21 hari, mulai 21 Januari sampai 10 Februari.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...