Jadwal dan Tema Debat Kelima Pilpres 2024, Terakhir Capres Adu Gagasan

Ira Guslina Sufa
29 Januari 2024, 06:07
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (ketiga kanan) dan Mahfud MD (kedua kiri) sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum kembali menggelar debat kelima di putaran pemilihan presiden (pilpres) pada Minggu, 4 Februari 2024. Forum ini akan menjadi pertemuan terakhir pala calon presiden dalam debat yang digelar KPU. 

Sebelumnya KPU telah menggelar empat kali debat dalam putaran pilpres 2024. Debat pertama dan ketiga yang berlangsung 12 Desember 2023 dan 7 Januari 2024 mempertemukan tiga calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Debat kedua dan keempat yang berlangsung pada 22 Desember 2023 dan 21 Januari 2024 mempertemukan tiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Adapun debat kelima atau debat terakhir akan kembali mempertemukan tiga capres. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyampaikan aturan teknis dan format debat kelima Pilpres 2024 masih sama seperti debat-debat sebelumnya. Meski begitu ia mengakui Badan Pengawas Pemilu sempat mengusulkan agar debat berlangsung tanpa disaksikan penonton secara langsung. 

"Format debat, termasuk penyelenggaranya, tetap. Tetap ada tim sukses pasangan calon yang jumlahnya 75 orang. Jadi, tetap," kata Hasyim seperti dikutip Senin (29/1). 

Hasyim menjelaskan bahwa KPU telah mengevaluasi penyelenggaraan debat keempat yang berlangsung pada tanggal 21 Januari 2024. Masing-masing pasangan calon telah menyampaikan catatannya dalam rapat evaluasi itu.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...