Istana Sebut Mahfud Belum Sampaikan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Januari 2024, 15:31
mahfud, jokowi, istana
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan paparan saat Seminar Kebangsaan di Universitas Buddhi Dharma (UBD), Kota Tangerang, Banten, Rabu (29/11/2023).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah meminta waktu untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Meski demikian, pihak Istana Kepresidenan mengatakan Mahfud belum menyampaikan permohonan untuk mengundurkan diri.

Mahfud telah bertemu Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Senin (30/1). Kepala Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa pertemuan dua sosok menteri itu tak membahas wacana Manfud yang ingin menarik diri dari Kabinet Indonesia Maju.

"Perlu ketahui dalam pertemuan semalam, Pak Mahfud belum menyampaikan surat mundur," ujar Ari kepada wartawan di Kantor Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa (30/1).

Ari juga mengatakan keputusan untuk memberikan persetujuan pengunduran diri menteri sepenuhnya berada di tangan presiden. Jika presiden telah menyetujui permintaan undur diri tersebut, pihak istana akan menerbitkan ketetapan hukum dalam bentuk surat keputusan presiden alias Keppres.

"Biasanya akan ada menteri Ad Interim ya, tapi ini kan baru berandai-andai karena Pak Mahfud belum diterima Pak Presiden," kata Ari.

Ari juga mengatakan pertemuan akan berlangsung pada bulan Februari mendatang. Kepastian tersebut menyusul waktu kepulangan Jokowi ke Jakarta usai melaksanakan rangkaian kunjungan kerja di Jawa Tengah hingga Kamis (1/2).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...