Jokowi Siapkan Keppres Pemberhentian Menkopolhukam Mahfud MD Hari Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Februari 2024, 10:47
jokowi, mahfud, polhukam
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym.
Presiden Joko Widodo memberi sambutan pada kegiatan silahturahim dengan peserta dan pendamping Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan surat Keputusan Presiden (Keppres) selaku instrumen formal untuk menyetujui pengajuan undur diri Mahfud MD dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Menurut Jokowi, pihak Istana Kepresidenan telah merancang keppres tersebut pada pagi ini. "Kemarin Pak Mahfud sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya, dan pagi hari ini keppresnya kami siapkan," kata Jokowi kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (2/2).

Kendati sudah menyiapkan ketetapan pemberhentikan Mahfud dari Menkopolhukam, Jokowi belum memberitahu siapa sosok yang akan ditunjuk untuk meneruskan kepemimpinan di Kementerian Polhukam.

"Belum. Beri waktu sehari, dua hari, tiga hari. Kan baru kemarin sore," ujar Jokowi.

Mahfud resmi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Jokowi di Istana pada Kamis (1/2). Usai menyerahkan surat undur diri kepada Jokowi, Mahfud didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno melangsungkan konferensi pers di kompleks Istana Merdeka.

Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam
Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.)

Mahfud mengatakan pertemuan dirinya dengan Jokowi saat itu berlangsung sekitar 10 menit. Dia menjelaskan keputusan final terkait posisinya sebagai Menkopolhukam tinggal menunggu penerbitan Keppres oleh Jokowi.

Mahfud menceritakan, pertemuan singkat dengan presiden lebih banyak diisi oleh perbincangan ringan dan senda gurau. "Kami bicara dari hati ke hati. Dan penuh kekeluargaan dan sama-sama tersenyum. Tidak ada ketegangan apa pun," ujar Mahfud.

Menurut cerita Mahfud, Jokowi mengucapkan terima kasih atas kesediaan menerima amanah sebagai Menkopolhukam selama kurang lebih 4,5 tahun. "Pak Presiden mengatakan bahwa 'Pak Mahfud ini adalah Menkopolhukam terlama dalam sepanjang pemerintahan saya'," ujar Mahfud.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...