Ganjar Tuntut Pengakuan Terbuka KPU Soal Data Keliru di Sirekap Pemilu

Ade Rosman
23 Februari 2024, 13:48
Ganjar
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan di Gedung High End, Jakarta, Kamis (15/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui kesalahannya terkait dengan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap). Hal itu didasari pada anggapannya yang menilai Sirekap bermasalah.

"Yang kami butuhkan sebenarnya adalah pengakuan dari KPU atau pembuatnya 'ya kami salah' itu paling fair," kata Ganjar, di Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres Ganjar-Mahfud (TKRPP), Jakarta Pusat, Jumat (23/2)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, terdapat sejumlah kejanggalan dari pengoperasian sistem digital tersebut. Ia menyoroti adanya temuan lebih dari 300 orang pemilih di satu tempat pemungutan suara (TPS).

Sehari sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD pun menilai Sirekap KPU yang merupakan teknologi berbasis digital masih tak karuan. Hal itu menyusul audit yang dilakukan secara independen.

“Katanya sudah diaudit oleh yang berwenang. Kapan diaudit dan dalam bentuk seperti apa auditnya tentu ada spesifikasinya ya," kata Mahfud kepada wartawan di Kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

Mantan Menko Polhukam itu beranggapan jika ingin mendapat hasil yang objektif maka audit digital forensik sebaiknya dilakukan oleh lembaga independen. Ia berharap adanya audit akan membuat proses demokrasi yang sedang berjalan menjadi lebih transparan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...