Pemerintah Jokowi Habiskan Rp4.475 Triliun Bangun 285 Proyek Strategis

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Maret 2024, 17:50
Jokowi PSN
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/rwa.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (12/1/2024).
Button AI Summarize

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelesaikan 195 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp 1.519 triliun sejak 2016 hingga Februari 2024. Sementara itu, 90 PSN senilai Rp 2.960 triliun masih dalam tahap konstruksi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan secara keseluruhan pemerintah saat ini sudah menyiapkan 285 PSN dengan total anggaran Rp 4.475 triliun. Kelanjutan pembangunan PSN menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (18/3).

Selain Airlangga, turut hadir dalam rapat tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Airlangga mengatakan bakal ada 41 PSN yang beroperasi pada 2024. Saat ini pemerintah telah membuat peta jalan terkait rencana penyelesaian PSN secara bertahap.

Pada tahap awal, pemerintah sepakat untuk menargetkan 5 PSN selesai dalam triwulan pertama tahun ini. Sementara pada kuartal II dan III, pemerintah menargetkan penyelesaian terhadap 24 PSN. 

"Kemudian Oktober sampai Desember ada 12 proyek selesai," kata Airlangga saat ditemui usai rapat pada Senin (18/3). 

Selain Airlangga, turut hadir dalam rapat tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Juga ada  Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono. 

Airlangga menambahkan, penuntasan 41 PSN tahun ini cenderung mengalami sejumlah kendala, terutama terkait pengadaan tanah. Beberapa PSN yang terbentur urusan tata ruang adalah pembangunan Kawasan Industri Pupuk di Fakfak, Papua Barat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...