Demo di Depan KPU, Eks Danjen Kopassus Sebut Jokowi Sutradara Pemilu

Ade Rosman
18 Maret 2024, 16:42
Aksi unjuk rasa di depan KPU, Senin (18/3)
Katadata
Aksi unjuk rasa di depan KPU, Senin (18/3)
Button AI Summarize

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko ikut melakukan demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin (18/3). Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di lokasi, Soenarko hadir dengan sejumlah massa aksi lainnya yang ditaksir berjumlah ratusan orang.

Soenarko mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan sutradara di balik dugaan kecurangan di Pemilu 2024. Dalam orasinya, Soenarko meminta agar Jokowi mundur dari jabatannya.

"Sutradara kecurangan ini adalah Jokowi, KPU itu hanya operator," kata Soenarko.

Soenarko menyampaikan sejumlah tuntutan dari orasi yang ia sampaikan. Ia menyatakan menolak Pemilu curang, dan audit sistem informasi dan teknologi KPU. Ia bersama massa aksi lainnya meminta untuk mengadili Komisioner KPU karena dianggap telah menipu dan membohongi masyarakat.

Selain itu, sebagai purnawirawan ia menilai TNI saat ini terkesan tak acuh dengan situasi yang ada, meskipun melihat tak beresnya situasi demokrasi. Soenarko mengatakan massa aksi akan terus melaksanakan aksi hingga aspirasi mereka didengar.

"Kami tidak mau dipimpin oleh maling dan penipu, enggak ada, tidak ada yang bisa diharapkan dari kumpulan maling atau penipu untuk memimpin negara ini," katanya.

Soenarko saat ini tercatat sebagai Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera. Meski begitu ia menyatakan aksinya tak beririsan dengan partai dan merupakan panggilan nurani. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...