Jokowi Resmikan Bandara Singkawang Senilai Rp 427 M, Puji Peran Aguan

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Maret 2024, 11:56
jokowi, aguan, bandara singkawang
Youtube/Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Bandara Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Rabu (20/3). Dalam acara peresmian, Jokowi sempat memberikan apresiasi kepada pemilik Agung Sedayu Group yakni Sugianto Kusuma alias Aguan.

Pujian diberikan kepada Aguan dan para pengusaha karena mau berpartisipasi dalam pembangunan Bandara Singkawang. Bandara ini dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha.

"Yang saya hormati, Pak Aguan besera para pengusaha asli Singkawang yang banyak berpartisipasi dalam pembangunan bandara ini," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (20/3).

Pembangunan Bandara Singkawang dilakukan melalui skema KPBU dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal Singkawang.

Adapun pemerintah menggelontorkan dana senilai Rp 272 miliar dan pengusaha lokal sejumlah Rp 155 miliar. Sehingga total investasi pembangunan Bandara Singkawang mencapai Rp 427 miliar.

Jokowi mengatakan mekansime KPBU pembangunan Bandara Singkawang akan menjadi percontohan bagi model pengadaan bandara di daerah lain. "Skema kerja sama pemerintah dan badan usaha plus CSR ini akan mempercepat potensi yang ada di berbagai wilayah di Tanah Air," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...