Hotel Nusantara IKN Dibangun, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Aguan

Ameidyo Daud Nasution
21 September 2023, 16:17
jokowi, aguan, ikn
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo resmi melakukan groundbreaking Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hotel berbintang lima itu dikembangkan oleh konsorsium yang dipimpin Agung Sedayu Group milik pengusaha Sugianto Kusuma alias Aguan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat mengucapkan terima kasih ke Aguan dan para pengusaha lain yang mau menanamkan modal di IKN. Menurutnya, investasi tersebut jadi tanda ibu kota baru diminati investor.

"Saya mengucapkan terima kasih ke Pak Aguan dan kawan kawan yang hadir," kata Jokowi saat berpidato di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan akan mendahulukan investor dalam negeri masuk ke IKN. Kehadiran konsorsium menurutnya penting untuk menarik pengusaha lainnya mengembangkan ibu kota baru.

"Ini lah yang nanti akan membawa gerbong di belakangnya," kata Presiden.

Progres pembangunan IKN Nusantara
Progres pembangunan IKN Nusantara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.)

Jokowi juga menjanjikan pengusaha mendapatkan untung dari investasi di IKN. Oleh sebab itu, ia mengajak mereka untuk melihat langsung pembangunan IKN hari ini.

"Tidak mungkin beliau mulai dengan Rp 20 triliun kalau tidak ada cuan (untung)-nya," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, usai hotel, akan ada groundbreaking ritel Indogrosir, rumah sakit, hotel, hingga fasilitas latihan milik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Nanti akan ada 6 atau 8 lapangan bola di sini. Kira-kira selesai 6 bulan dan didanai langsung FIFA," kata Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...