Jokowi Targetkan Smelter Bauksit Mempawah Beroperasi Juni 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Maret 2024, 19:07
Foto Ilustrasi Bauksit
123RF
Foto Ilustrasi Bauksit
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penugasan kepada Holding BUMN pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) segera menyelesaikan proyek pabrik pengolahan mineral atau Smelter Bauksit Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah di Desa Bukit Batu, Mempawah, Kalimantan Barat. Jokowi memberi target beroperasi paling lambat Juni 2024.

"Smelter ini akan selesai Juni tahun ini, kemudian akan beroperasi penuh pada awal 2025," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (20/3).

Jokowi mengatakan pembangunan smelter bauksit merupakan langkah lanjutan setelah nikel dalam agenda besar hilirisasi mineral di Tanah Air. Keberadaan Smelter Bauksit Mempawah nantinya diharap dapat mengurangi impor aluminium.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia mengimpor aluminium seberat 707,99 ribu ton senilai US$ 2 miliar atau sekira Rp 31,14 triliun pada 2023. "Separuh dari kebutuhan dalam negeri itu impor, targetnya dengan smelter ini kita tidak impor lagi," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut pembangunan Smelter Bauksit Grade Alumina Refinery (SGAR) Mempawah bagian dari visi integrasi industri mineral dengan sektor lainnya, seperti pembuatan komponen kendaraan listrik, yang akan melibatkan bahan baku nikel dan tembaga.

"Ekosistem besar yang mau kita bangun. Body-nya mungkin dari aluminium, kemudian ev battery-nya dari nikel, lalu tembaga untuk komponen kabel dan lain-lain, sehingga jadi satu terintegrasi," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...