Gerindra Ungkap Kans Partai Lawan di Pilpres Gabung ke Koalisi Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Maret 2024, 14:08
Gerindra
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt.
Warga meneriakkan yel-yel saat mengikuti rangkaian kegiatan Jalan Sehat Prabowo-Gibran 2 di Denpasar, Bali, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Koalisi Indonesia Maju (KIM) berupaya membangun koalisi besar untuk membangun kekuatan di Parlemen. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan jajaran pengurus KIM telah menjalin komunikasi dengan partai politik di luar koalisi pengusung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden atau pilpres 2024.

“Kami akan terus membangun koalisi besar dengan berbagai macam partai politik yang ada di Senayan, dan komunikasi itu sekarang sudah berlangsung,” kata Muzani di sela konferensi pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Rabu (20/3).

Muzani melanjutkan, upaya KIM untuk menambah partai ke keanggotaan koalisi pendukung Prabowo-Gibran saat ini cenderung berjalan positif. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan ada partai politik yang akan merapat ke Koalisi Indonesia Maju. 

“Komunikasi sedang berlangsung dan hasilnya positif,” ujar Muzani.

Muzani meyakini akan ada partai politik yang akan bergabung ke KIM, meskipun dia tidak menyebutkan secara spesifik partai mana yang akan merapat. "Insyaallah (ada tambahan partai),” kata Muzani.

Prabowo telah melaksanakan konferensi pers di kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan pada Rabu (20/3). Kegiatan itu menyusul hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilpres 2024. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengumumkan total suara pasangan calon nomor urut 2 tersebut, yakni 96.214.691 suara  Torehan itu mengungguli dua pasangan calon lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapat 40.971.906 suara, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 27.040.878. Hasyim mengatakan hasil tersebut didapat dari 164.227.475 jumlah suara sah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...