Ganjar – Mahfud Serahkan Gugatan Hasil Pilpres ke MK Hari Ini

Desy Setyowati
23 Maret 2024, 08:20
Ganjar, Mahfud MD, pilpres, mk,
Katadata/Ade Rosman
Ganjar Pranowo - Mahfud MD menggelar konferensi pers, sehari setelah pengumuman hasil pilpres Kamis (21/3)
Button AI Summarize

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mengajukan gugatan terkait hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi atau MK pada sore hari ini (23/3). Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar lebih dulu menyerahkan gugatan pada Kamis (21/3).

“Nanti sore. Sebelum buka puasa ya. Pastinya jam 5 sore,” kata Wakil Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar Mahfud, Firman Jaya Daeli dalam diskusi Polemik Trijaya 'Sengketa Pemilu, Hak Angket dan Kompromi Politik' secara virtual, Sabtu (23/3).

Sebelumnya Ganjar menyatakan akan mengajukan gugatan ke MK. "Selama sebulan terakhir saya dan Pak Mahfud berkeliling untuk melihat, mendengar dan menerima banyak masukan tokoh masyarakat. Mereka menyampaikan pada kami tentang cerita-cerita proses pemilu yang terjadi di Indonesia dan beberapa masalah," ujar dia di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis (21/3).

Cerita-cerita itu dikomparasi dengan relawan dan partai pendukung di lapangan. Menurut dia, hasilnya relatif sama.

"Banyak catatan disampaikan ke kami. Cerita tentang aparatur yang terlibat mulai pusat sampai daerah, bantuan yang muncul tiba-tiba dengan sangat masif sekali. Menurut riset, ada korelasi antara bantuan itu dengan pengaruh pemilih. Belum lagi cerita money politics dan intimidasi," ujar dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun sudah menyampaikan hal tersebut ke KPU dan Bawaslu. Namun, tak semua laporan direspons.

"Maka setelah pengumuman KPU Rabu malam, tim Ganjar - Mahfud bersepakat kalau semua ini harus diluruskan agar demokrasi bisa berjalan baik. Maka benteng terakhirnya adalah Mahkamah Konstitusi," kata Ganjar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...