PDIP Pastikan 171 Kader Partai Banteng Kembali Maju di Pilkada 2024

Ade Rosman
26 Maret 2024, 10:58
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Katadata/Ade Rosman
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan sebanyak 171 kader partai berlogo Banteng itu akan kembali berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hasto menyebut, jumlah tersebut terdiri dari kader partai banteng yang saat ini tengah menjabat sebagai kepala daerah selama satu periode ke belakang.

“Dari total Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang baru satu periode, yang siap bertanding pada bulan November itu jumlahnya juga sangat signifikan,” ujar Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

Menurut Hasto total 171 calon kepala daerah itu berasal dari daerah di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota yang baru sekali menjabat. Hasto mengatakan, hal itu menjadi modal konsolidasi yang penting bagi PDIP ke depannya. 

Hasto pun menyebut adanya peningkatan perolehan kursi DPRD Kabupaten/Kota. “Jadi di tingkat kabupaten/kota, perolehan kami justru meningkat dari 2.806 pada tahun 2019, menjadi 2.823 atau naik 17 kursi,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, berdasarkan perolehan saat ini kursi Ketua DPRD Kabupaten/Kota yang diduduki kader partai banteng berjumlah 152 kursi. Sedangkan di posisi Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota PDIP memperoleh 157 kursi.

“Bahkan Ketua DPRD dari PDI Perjuangan berdasarkan penghitungan yang ada, itu sekarang 152 ketua DPRD di tingkat kabupaten/kota atau 30 persen. Sementara wakil ketua (DPRD) itu di 157 kabupaten/kota,” kata Hasto.

Di sisi lain ia mengatakan PDIP bersyukur masih bisa menang pileg secara nasional tiga kali berturut-turut meskipun partai berlambang banteng moncong putih itu mengalami gempuran politik pada pelaksanaan Pemilu 2024. Menurut Hasto berdasar hitungan sementara PDIP mengantongi 110 kursi di DPR untuk periode 2024-2029. 

“Setidaknya, di tengah gempuran yang sangat dahsyat sebagai ujian sejarah PDI Perjuangan kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemenang pemilu tiga kali berturut-turut," kata Hasto. 

Ia mengatakan tidak mudah bagi PDIP untuk menang pemilu tiga kali berturut-turut. Ia berharap seluruh kader PDIP bisa menatap optimistis menyikapi hasil pemilu 2024.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...