Robert Bonosusatya Datangi Kejagung, Serahkan Dokumen di Kasus Timah

Amelia Yesidora
4 April 2024, 15:19
Kejagung
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nz.
Kapuspenkum Kejagung I Ketut Sumedana (kedua kiri) bersama Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kuntadi (keempat kanan) memberikan keterangan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (18/1/2024).
Button AI Summarize

Pengusaha Robert Bonosusatya kembali hadir di Kejaksaan Agung pada Kamis (4/4). Kali ini ia datang tidak untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022. 

Direktur Penyidikan atau Dirdik Kejaksaan Agung, Kuntadi, menyatakan pengusaha yang akrab disapa RBS itu datang untuk melengkapi beberapa hal dari pemeriksaan Senin (1/4) lalu. “Tidak (diperiksa), hanya menyerahkan dokumen yang kebetulan belum dilengkapi saat pemeriksaan,” kata Kuntadi pada wartawan di area Kejaksaan Agung, Kamis (4/4). 

Kuntadi enggan menjelaskan status Robert dalam kasus korupsi timah. Ia mengatakan  proses pemanggilan pengusaha itu akan dilakukan sesuai urgensinya. 

Nama RBS sendiri menjadi sorotan publik setelah ia diperiksa menjadi saksi dalam perkara dugaan korupsi di PT Timah Tbk pada Senin (1/4). Namanya kemudian juga disinggung oleh anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Mufti Aimah Nurul Anam saat rapat kerja di Senayan. 

“Ada seorang mafia besar yaitu kami dapat infonya itu Robert Bonosusatya," kata Mufti dalam rapat kerja dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di DPR, Senin (1/4).

Usut Peran Robert Bonosusatya

Mengenai keterlibatan Robert di perkara korupsi timah memang belum benderang. Atas alasan itulah Kuntadi mengatakan tim penyidik masih terus melakukan penelusuran termasuk bertanya langsung pada Robert menelusuri kaitannya dengan PT Refined Bangka Tin (RBT).

Berdasarkan keterangan Kejaksaan Agung sebelumnya, PT RBT melalui suami Sandra Dewi, Harvey Moeis meminta Direktur Utama PT Timah Riza Pahlevi untuk mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah. Karena itu pemeriksaan ini diarahkan untuk memastikan keterkaitan Robert dengan PT RBT.

“Apakah yang bersangkutan sebagai pengurus, apakah yang bersangkutan sebagai BO (benefit ownership) atau memang tidak ada kaitannya sama sekali,” kata Kuntadi, Senin (1/4).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...