9 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek

Andi M. Arief
8 April 2024, 11:26
tol jakarta-cikampek, contra flow, rekayasa lalin, kecelakaan, mudik lebaran
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Polisi Lalu Lintas melakukan kordinasi menjelang pemberlakuakn contraflow di kawasan Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).
Button AI Summarize

PT Jasa Marga Tbk melarpokan bahwa telah terjadi kecelakaan beruntun di jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 58+600 dari arah Jakarta menuju Cikampek pada Senin (8/4) pagi, pukul 07.04 WIB.

Akibat kecelakaan ini, pihak Kepolisian melaporkan untuk sementara ini sembilan orang meninggal dunia dan luka berat. Mereka kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Karawang.

Jasa Marga mengatakan kecelakaan tersebut melibatkan tiga kendaraan, yakni Daihatsu Gran Max, Daihatsu Terios, dan bus besar. Dalam akun media sosial AutonetMagz, terpantau mobil Daihatsu Terios habis dilalap api, sementara itu bagian depan Daihatsu GrandMax dan bus besar rusak berat.

"Kejadiannya terjadi di jalur contraflow," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, dikutip dari Antara.

Ia menyampaikan, kecelakaan maut itu terjadi pada Senin pagi saat diterapkan contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta-menuju Cikampek.

Ketika itu, mobil Gran Max yang berada di jalur contraflow hendak menepi di bahu jalan, masuk ke jalur berlawanan yang mengarah ke Jakarta.

Kemudian sebuah bus dari arah Cikampek tak bisa menghindari kendaraan Gran Max itu, hingga akhirnya terjadi kebakaran hebat sampai mobil Gran Max itu terbakar. Kemudian kendaraan Terios menabrak bus dan Gran Max hingga mobil itu ikut terbakar.

Jasa Marga menyampaikan kondisi lalu lintas terpantau padat jelang kecelakaan tersebut. Sementara itu, petugas terus berupaya melakukan proses normalisasi jalur sampai saat ini. Akibat kecelakaan tersebut, rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek ditutup pada Km 48 sampai 70 arah Cikampek.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...