Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Lebaran Usai, Jakarta Diprediksi Hujan

Dini Pramita
10 April 2024, 10:49
Ilustrasi. BMKG mengeluarkan peringatan mengenai potensi cuaca ekstrem hingga lebaran usai.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.
Ilustrasi. BMKG mengeluarkan peringatan mengenai potensi cuaca ekstrem hingga lebaran usai.
Button AI Summarize

Menyambut Lebaran 2024, Jakarta diprediksi berpotensi dihadang hujan pada siang dan sore hari pada Rabu, 10 April 2024. Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah di DKI Jakarta cerah berawan pada pagi hari.

Namun menjelang siang menuju sore hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi melanda seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu. Pada malam hari, hujan diperkirakan masih terjadi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Suhu udara diprediksi berada di rentang 24-30' celcius dengan kelembapan berada di kisaran 75-95%.

Kondisi serupa juga terjadi di sebagian besar Jawa Barat. Bandung, Bekasi, Garut, Lembang, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, dan sebagian besar daerah di Jawa Barat diprediksi mengalami hujan dengan intensitas sedang dan beberapa mengalami hujan petir.

Hujan diperkirakan akan terus terjadi hingga malam hari. Adapun suhu udara berada di rentang 19-32' celcius dengan kelembapan berada di kisaran 65-95%.

Sebelumnya BMKG telah memberikan peringatan mengenai cuaca ekstrem selama lebaran. Dalam prakiraan cuaca lebaran disebutkan, cuaca ekstrem masih akan terjadi intens di banyak provinsi di Indonesia hingga libur lebaran usai. "Sepekan ke depan masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatra bagian utara hingga tengah, sebagian besar Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah hingga selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG dikutip Rabu, 10 April 2024.

Adapun potensi cuaca ekstrem yang dimaksud oleh BMKG berupa puting beliung, hujat lebat disertai dengan petir, hujan es, dan kondisi yang dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohin tumbang, dan jalan licin.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...