Kala Menteri Ikut Antre Bersama Warga untuk Rayakan Lebaran di Istana

Amelia Yesidora
10 April 2024, 13:51
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan eks Menteri Parekraf Wishnutama turut mengantre bersama warga di open house Istana Negara, Rabu (10/4/2024), untuk merayakan lebaran bersama Presiden Jokowi.
Katadata/Amelia Yesidora
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan eks Menteri Parekraf Wishnutama turut mengantre bersama warga di open house Istana Negara, Rabu (10/4)
Button AI Summarize

Sejumlah menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu tampak menghadiri acara open house Istana Negara hari ini, Rabu (10/4/2024), untuk merayakan lebaran bersama Presiden Joko Widodo. Padahal, tak ada undangan yang disebar tahun ini, termasuk kepada para menteri.

Meski begitu, antrean tamu tetap ramai. Di momen Idulfitri ini, Jokowi menerima masyarakat selayaknya menerima menteri dan pejabat negara. Untuk kali ini, tak ada perlakuan khusus kepada menteri dan para pejabat.

Berbeda dengan biasanya, kali ini menteri harus jalan kaki untuk masuk ke dalam ruangan acara, mobil hanya mengantar sampai gerbang. Selanjutnya, menteri harus antre untuk masuk ke dalam ruangan Istana Negara. Tidak ada jalur khusus menteri untuk bersalaman dengan pasangan Jokowi--Iriana.

Dari pantauan Katadata, sejumlah menteri hadir bersama keluarganya. Mulai dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Turut hadir juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Disusul Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Tidak ketinggalan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga hadir dalam acara open house. Presiden terpilih Pemilu 2024 itu hadir bersama anaknya, Didit Prabowo, dan ajudannya Mayor Teddy.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana menjelaskan pandemi covid-19 yang terjadi beberapa tahun terakhir, membuat istana tidak menggelar open house. Kini, Indonesia telah masuk masa endemi dan kasus covid-19 terkendali. Sehingga, silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat kembali dilakukan di istana tahun ini.

"Berdasarkan pertimbangan dan tentu saja arahan dari Bapak Presiden (Joko Widodo) kita kembali menyelenggarakan kegiatan open house di istana, sepanjang memang semuanya kesehatan masyarakat sudah aman," kata Yusuf di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...