Istana Ungkap Pesan Jokowi ke Prabowo-Gibran Usai Resmi Menang Pilpres

Muhamad Fajar Riyandanu
25 April 2024, 12:32
Prabowo Istana
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wpa.
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kiri) didampingi Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menemui Wapres Ma’ruf Amin di kediaman Wapres, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Button AI Summarize

Istana Kepresidenan menguraikan sejumlah amanat yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka seusai keduanya ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pesan itu disampaikan saat Prabowo - Gibran datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4) malam. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, salah satu poin yang disampaikan Jokowi yakni turut mendukung inisiatif dan langkah presiden dan wakil presiden terpilih itu. Jokowi pun mendukung keinginan Prabowo - Gibran merangkul semua komponen bangsa dalam upaya bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju.

"Saat ini, persatuan nasional sangat dibutuhkan, terutama dalam menghadapi dampak situasi ekonomi-politik global yang tengah bergejolak," kata Ari lewat pesan singkat kepada wartawan pada Kamis (25/4).

Ari mengatakan pertemuan itu merupakan inisiatif dan permohonan Prabowo-Gibran. Pasangan nomor urut 2 pada pilpres 2024 itu mengatakan ingin menyampaikan secara langsung terkait penetapan mereka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Lebih jauh Ari mengatakan, pada momen tersebut Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat. Ia kemudian menegaskan kembali dukungan penuh pemerintah untuk memastikan proses peralihan pemerintahan pada Oktober 2024 berjalan dengan baik dan lancar. 

"Presiden juga berharap pemerintahan baru dipimpin Prabowo-Gibran langsung bisa bekerja setelah dilantik pada 20 Oktober mendatang," ujar Ari.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...