KAI Beri Penumpang Kompensasi Keterlambatan Kereta Api, Ini Aturannya

Ira Guslina Sufa
28 April 2024, 13:41
Kereta
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/Spt.
Penumpang bersiap masuk gerbong kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Keterlambatan perjalanan sejumlah kereta api di wilayah Jawa bagian barat pada minggu (28/4) malam menjadi perhatian masyarakat. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Sabtu (27/4) menyebabkan PT Kereta Api Indonesia (persero) memberlakukan pemberhentian darurat. 

"Terkait Gempa yang terjadi di Garut, mengakibatkan beberapa KA berhenti luar biasa (BLB) untuk memastikan kondisi jalur KA aman untuk dilalui," ujar KAI dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu (28/7). 

Berdasarkan informasi yang dirangkum dan media sosial x keterlambatan terjadi untuk sejumlah perjalanan seperti Argo Sindoro 12 jurusan Semarang - Jakarta, Baturaden 182, dan Gumarang 129 dari Surabaya tujuan Pasar Senen. Kereta lain yang dilaporkan mengalami keterlambatan adalah Senja Utama YK 139, kereta Jayabaya, dan Kereta api Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) tujuan Jakarta Pasar Senen. 

PT KAI menyampaikan permintaan maaf atas berhenti luar biasa tersebut. Menurut KAI pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan keamanan sebelum akhirnya kereta diizinkan kembali melanjutkan perjalanan. 

Selain itu KAI juga menyediakan kompensasi bagi penumpang yang mengalami keterlambatan. Kompensasi diberikan sesuai dengan lamanya keterlambatan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...