Jokowi Ingin Alat Kesehatan Modern Bisa Tersedia hingga Puskesmas

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Mei 2024, 20:35
Jokowi Ingin Alat Kesehatan Modern Bisa Tersedia hingga Puskesmas
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/tom.
Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, utamanya untuk penyakit yang memiliki dampak yang signifikan seperti stroke dan jantung.

Hal itu disampaikan saat dirinya melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara pada Senin (13/5).

"Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem," kata Jokowi dalam keterangan pers seusai peninjauan.

Jokowi menekankan pentingnya akses ke peralatan kesehatan modern seperti CT scan, cath lab, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas. Dia juga mengapresiasi adanya dokter spesialis di Kabupaten Muna yang mampu mengoperasikan peralatan canggih.

"Sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan," ujar Jokowi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. RPJMN itu ditujukan sebagai modal transformasi kesehatan yang melibatkan partisipasi dari 518 kabupaten/kota dan 38 provinisi.

Dia menjelaskan bahwa perencanaan terbaru ini akan lebih fokus kepada upaya memperbanyak dan meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan, terutama pada layanan tingkat pertama seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

"Karena dari dulu fokus kita lebih banyak mengurus dan mengobati orang sakit," kata Budi saat memberikan sambutan Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) tahun 2024 di ICE BSD Tangerang, Rabu (24/4).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...