Megawati Singgung Sikap Politik PDIP ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mela Syaharani
24 Mei 2024, 18:59
Megawati
PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati menyinggung soal sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. 

"Bagaimana sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan? tentu harus dicermati dengan seksama, partai harus mendengarkan semua suara akar rumput dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup," kata Megawati dalam pidato Rakernas ke-V PDIP di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5).

Oleh karena itu, kata Megawati, PDIP akan terus berjuang bagi terlembaganya demokrasi yang sehat. Hal ini yang menjadi bagian dari skala prioritas PDI di Rakernas kelima ini.

Dia melanjutkan, bahwa yang dipikirkan partai saat ini adalah terkait tanggung jawab agar berbagai persoalan yang berkaitan dengan perekonomian rakyat bisa memperoleh perhatian serius.

“Perekonomian jangan dipersempit sebagai upaya mengundang investor. perekonomian bersentuhan dengan hak rakyat untuk mendapatkan pekerjaan, penghidupan yang layak, ketersediaan pangan dengan harga terjangkau dan bagaimana merancang jalan Indonesia yang tentunya dapat berdiri di atas kaki sendiri,” kata dia.

Dia mengumpamakan, berdiri di atas kaki sendiri diartikan sebagai bangsa yang dapat menggunakan kekuatannya sendiri dan tidak hanya menengadahkan tangan kepada para investor luar.

“Saya bukan anti investor, tapi kerjakan dulu apa yang ada di dalam negeri. Jika tidak bisa, baru meminta bantuan kepada teman-teman dunia luar,” ujar Mega.

Perlu Adanya Check and Balance

Selain itu, dia menekankan adanya adanya saling kontrol dan seimbang atau check and balance. Dengan begitu, dalam demokrasi Indonesia diperlukan kontrol dan penyeimbang.

"Namun kita tidak juga menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan, hanya bedanya strategi dan cara antara kita dengan yan lainnya,” kata Megawati.

Mega mengaku, perjalanan politik ke depan akan menghadapi sejumlah tantangan yang tidak mudah. Sehingga demokrasi Indonesia memerlukan penompang dari masyarakat sipil serta pers yang handal.

Selain itu, diperlukan juga kebebasan yang terukur. “Bukannya bebas liberalisme, bebas terukur termaktub dalam Pancasila dan mengabdi pada upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa,” ujarnya.

Tak hanya kebebesan yang terukur, menurut Megawati, demokrasi juga memerlukan partai politik yang sehat dan terlembaga serta sistem hukum yang benar-benar berkeadilan.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...