Top News: BEI Kaji Ulang FCA, Pertamina Angkat Komut Baru

Aryo Widhy Wicaksono
11 Juni 2024, 06:27
Logo Bursa Efek Indonesia atau BEI
Katadata/Hufaz Muhammad
Logo Bursa Efek Indonesia (BEI)
Button AI Summarize

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera menyelesaikan peninjauan ulang kebijakan Full Call Auction (FCA) di Papan Pemantauan Khusus. Hal ini merupakan respons terhadap berbagai reaksi negatif dari pelaku pasar.

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, mengatakan evaluasi internal terhadap peraturan dan kebijakan, termasuk papan pemantauan khusus, sedang mereka lakukan, dan hasilnya akan segera diumumkan.

BEI mempertimbangkan masukan dari para pemangku kepentingan sebelum menetapkan kebijakan baru, supaya membuat bursa efek menjadi lebih baik.

Review terhadap FCA di Papan Pemantauan Khusus menjadi salah satu artikel terpopuler. Selain itu, ketahui juga isu terkait Indosarang, serta komisaris utama baru Pertamina.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. BEI Beri Kabar Baik, Review Papan Pemantauan Khusus FCA Segera Rampung

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan peninjauan ulang kebijakan Full Call Auction (FCA) di Papan Pemantauan Khusus akan selesai secepatnya. Hal ini sebagai respons otoritas bursa setelah belakangan ini terus mendapat reaksi negatif dari kalangan pelaku pasar.

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, menyatakan evaluasi internal akan dilakukan terhadap semua peraturan dan kebijakan, termasuk terkait papan pemantauan khusus. Nantinya, hasil evaluasi tersebut akan segera disampaikan.

“Kita harapkan segera,” kata Jeffrey kepada wartawan di Gedung BEI, Jakarta Sabtu (8/6).

Jeffrey juga menambahkan bahwa Bursa selalu memperhatikan masukan yang diterima dalam bentuk apapun, baik melalui penyampaian langsung, media sosial, atau lainnya.

Mengenai review FCA, Jeffrey menyebut semua masukan yang diterima dari pelaku pasar dan pemangku kepentingan akan didengar dan diperhatikan oleh Bursa Efek.

2. Emiten Hary Tanoe Protes Masuk FCA Sahamnya Tertekan, Ini Kata BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara usai emiten Grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo protes atas skema full call auction (FCA) di Papan Pemantauan Khusus.

Direktur PT MNC Energy Investments Tbk (IATA), Kushindarto dan Direktur PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT), Tien mengatakan saham perseroan terjadi volatilitas karena penerapan kebijakan Bursa yang menempatkan saham perseroan dalam kategori efek bersifat ekuitas dalam pemantauan khusus efektif per 31 Mei 2024.

Sebelumnya pada 3 Juni 2024, IATA dan BHIT telah menyampaikan pernyataannya kepada para pemegang saham dan menekankan bahwa kondisi perusahaan yang dalam pemantauan khusus, tidak mencerminkan fundamental perseroan.

Secara fundamental, kata mereka, perseroan berada dalam kondisi yang sangat baik dan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembalikan perusahaan ke papan pengembangan.

Hal itu tentunya dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di bidang pasar modal.

3. Kominfo Selidiki Indosarang, Viral Orang Korea Diduga Ejek Warga RI

Situs website Indosarang viral di media sosial, karena pengguna di dalamnya diduga mengejek warga Indonesia. Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika pun menyelidiki hal ini.

Indosarang viral di media sosial setelah pengguna TikTok dengan nama akun @5.7fttall mengunggah tangkapan layar alias screenshot isi situs Indosarang dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Berdasarkan terjemahan tersebut, diketahui bahwa tulisan di situs Indosarang memuat hinaan terhadap warga Indonesia dan Islam. “Sampai saat ini belum ada laporan spesifik terkait hal tersebut.

Akan kami dalami dan analisis terlebih dahulu,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong kepada Katadata.co.id, Senin (10/6).

4. Viral karena Diduga Ejek Warga Indonesia, Apa Itu Indosarang?

Situs website Indosarang viral di media sosial, karena pengguna di dalamnya diduga mengejek warga Indonesia. Apa itu Indosarang?

Indosarang adalah situs website berisi komunitas warga Korea di Indonesia atau yang menyukai segala sesuatu tentang Indonesia. Tulisan di dalamnya menggunakan bahasa Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan pada halaman depan situs Indosarang.com, tertulis ‘komunitas cinta Indonesia, berisi segala informasi tentang Indonesia, kelas bahasa Indonesia, panduan perjalanan, informasi gaya hidup dan lainnya’.

Situs website Indosarang juga memuat fitur tanya jawab tentang kehidupan malam di Indonesia.

Indosarang viral di media sosial setelah pengguna TikTok dengan nama akun @5.7fttall mengunggah tangkapan layar alias screenshot isi situs Indosarang dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

5. Pertamina Angkat Bendahara TKN Prabowo - Gibran jadi Komisaris Utama

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyetujui perubahan jajaran dewan komisaris PT Pertamina (Persero) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 yang dilaksanakan pada Senin (10/6).

“Pemegang saham telah menunjuk Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina,” kata VP Corporate Communications Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, dalam keterangan pers.

Simon Aloysius Mantiri merupakan Petinggi Partai Gerindra dan Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Ia menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mengundurkan diri pada Februari lalu lantaran mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Rapat tersebut juga menugaskan Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina. Sementara di jajaran direksi tidak mengalami perubahan.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...