Pimpinan KPK Bantah Pemeriksaan Hasto Politis: Murni Cari Harun Masiku

Ade Rosman
11 Juni 2024, 18:49
hasto, kpk, harun masiku
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango memberikan keterangan terkait capaian kinerja KPK di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pomolango membantah pemeriksaan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bermuatan politis.

Nawawi menyebut, pencarian Harun Masiku terus dilakukan penyidik, tak hanya dalam waktu-waktu tertentu. "Cuma mungkin ramenya baru sekarang, mereka terus berjalan untuk itu," kata Nawawi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).

Nawawi pada kesempatan yang sama menegaskan bahwa pemeriksaan Hasto murni berkaitan dengan prosea pencarian Harun "Saya pastikan yang kami perintahkan kepada tim penyidik adalah cari dan tangkap Harun Masiku," katanya.

Terkait penyitaan ponsel Hasto, Nawawi menyebut langkah itu menjadi salah satu upaya yang dilakukan penyidik atas perintah Nawawi yang meminta pencarian Harun terus dilakukan.

"Tadi pagi saya minta Pak Deputi Penindakan untuk memberi penjelasan kepada kami apa yang berlangsung yang seperti diberitakan kemarin," kata dia. 

Pemeriksaan Hasto Kristiyanto di KPK
Pemeriksaan Hasto Kristiyanto di KPK (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.)

Sebelumnya, Tim penasihat hukum Hasto, Patra Zen membantah keterlibatan Hasto dalam perkara tersebut.Patra menyinggung putusan persidangan yang berkekuatan hukum tetap.

"Di dua persidangan yang putusannya mengikat secara hukum, tidak ada keterlibatan Pak Hasto dalam perbuatan yang didakwakan oleh penuntut umum," kata Patra kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6).

Pada kesempatan yang sama, anggota tim penasihat hukum Hasto, Ronny Talapessy menganggap perkara Harun Masiku kerap menjadi isu 'gorengan' tiap memasuki tahun politik.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...