KPK Panggil Staf Hasto Lanjutkan Pencarian Harun Masiku

Ade Rosman
13 Juni 2024, 14:57
KPK
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Juru bicara baru KPK Tessa Mahardika Sugiarto memberikan keterangan pers terkait pergantian juru bicara KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (7/6/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil staf Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Kusnadi. Ia dipanggil berkaitan dengan kasus yang menjerat DPO Harun Masiku. 

Juru bicara KPK Budi Prasetyo mengatakan pemeriksaan Kusnadi dijadwalkan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, pada Kamis (13/6). Namun, ia belum menjelaskan keterangan apa yang akan digali dari Kusnadi.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada Kav.4, atas nama Kusnadi, wiraswasta,” kata Budi dalam keterangannya. 

Di sisi lain, belum ada konfirmasi apakah Kusnadi akan memenuhi panggilan atau tidak. Sebelumnya, Hasto pun telah diperiksa oleh penyidik. Usai pemeriksaan Hasto mengatakan, terdapat penyitaan terhadap ponsel pribadinya yang dilakukan oleh penyidik.

Buntut penyitaan itu, Hasto mengadukan penyidik ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Selain itu, kubu Hasto pun melaporkan penyidik ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Harun Masiku merupakan tersangka suap penetapan anggota DPR RI periode 2019-2024. Ia merupakan caleg PDIP yang diduga melakukan suap pada mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan sebesar SGD 57.350 atau setara Rp 600 juta. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...