Golkar Sodorkan Anak Akbar Tandjung dan Ketua HIMPI Jadi Cawagub Bobby

Ade Rosman
20 Juni 2024, 10:06
Golkar
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi salam dari dalam mobil usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (6/11/2023). Pertemuan Bobby Nasution dengan Komarudin Watubun tersebut terkait dukungan Wali Kota Medan kepada pasangan Prabowo - Gibran dalam kontestasi pada Pilpres 2024.
Button AI Summarize

Partai Golkar resmi mendukung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Nasution sebagai calon gubernur di Pilkada Sumatera Utara 2024. Surat rekomendasi diserahkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga mengatakan bahwa partai Golkar menyodorkan sejumlah nama muda untuk dipasangkan dengan Bobby di Pilkada Sumut yakni Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Akbar Buchari dan putri politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung, Sekar Tanjung.

"Kami akan mendorong yang dari koalisi dan khusus Partai Golkar kami menyodorkan nama-nama kader-kader muda, antara lain ada Ketua HIPMI dan ada Mbak Sekar, yang baru kita sodorkan dan hasil dari pembicaraan yang cukup dalam," kata Airlangga di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

Airlangga mengungkapkan, keputusan mendukung Bobby bermuara dari rekomendasi Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajeckshah alias Ijeck.

Proses Pendekatan Sudah Berlangsung Lama

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini juga mengatakan bahwa proses pendekatan Partai Golkar dengan Bobby sudah berlangsung panjang dan telah melalui pembahasan mendalam di internal partai. "Jadi dengan dukungan bulat ini kita pilih Mas Bobby untuk maju mewakili Partai Golkar," kata Airlangga.

Sebelumnya, Ijeck juga digadang-gadang menjadi salah satu kandidat cagub Sumut dari Partai Golkar. Namun, Airlangga mengatakan dirinya ditugaskan partai untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lantaran mantan Wagub Sumut itu memperoleh suara teratas di Pemilu 2024. Ijeck yang maju di dapil Sumut 1 lolos ke parlemen dengan torehan 190.990 suara.

"Pak Ijeck akan bertugas di DPR. Pak Ijeck sudah terpilih salah satu suara tertinggi di DPR. Jadi tentu akan bertugas di DPR dan selanjutnya karirnya tentu saya akan perhatikan," kata Airlangga.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...