Airlangga Belum Putuskan Nasib Politik RK, Dibahas Bareng Gerindra

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Juni 2024, 16:00
airlangga, golkar, ridwan kamil
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersiap memberikan pembekalan kepada calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024 di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2023). Pembekalan tersebut diharapkan seluruh calon kepala daerah mampu bekerja keras untuk mengumpulkan suara terbanyak di daerah sehingga kemenangan pemilu dan pilpres yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat tercapai.
Button AI Summarize

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengaku tetap memprioritaskan aliansi politik bersama Partai Gerindra untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun ini.

Meski begitu, Airlangga belum menjelaskan komposisi bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh koalisi. Airlangga menyebut, sosok politisi yang akan diusung oleh Golkar dan Gerindra masih dalam tahap pembahasan bersama.

"Calonnya dibahas bersama Gerindra," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6).

Wakil Ketua Umum Golkar sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) kerap disebut menjadi sosok yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam Pilgub DKI Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga menegaskan bahwa partai beringin belum memberikan keputusan dan arahan lebih lanjut mengenai langkah politik RK di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada November nanti.

"Ya kan kami belum putuskan RK ke Jakarta," ujar Airlangga.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebelumnya menyebut telah membawa nama Ridwan Kamil ke dalam pertemuan antara Ketua Umum partai KIM dengan Presiden Joko Widodo yang dilakukan pada akhir Mei lalu. Ia bahkan mengklaim nama RK sudah disetujui semua partai.

Adapun Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Prima, dan Gelora.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan hal senada. Ia mengungkapkan nama Ridwan Kamil telah disepakati Koalisi Indonesia Maju untuk berlaga di Pilgub Jakarta. Selain itu, ia menyebut RK sendiri yang mulanya menyampaikan niatan untuk maju di Pilgub Jakarta.

“Kalau dia mau ditaruh di mana oleh Golkar sebagai pemilik tiket karena partai itu, yaitu yang paling masih dinamis, tidak juga harus sekarang diumumkan karena memang penetapan pendaftaran itu kan di Agustus,” kata Dasco di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...