Deret Komitmen Investasi UEA di Indonesia Kala Jokowi ke Abu Dhabi

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Juli 2024, 06:00
Jokowi
ANTARA/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo bersama Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan saat menyaksikan kesepakatan kerja sama di Istana Kepresidenan Bogor, pada Rabu (24/7/2019).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kenegaraan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (16/7). Di UEA, Jokowi bakal menemui Kepala Negara UEA sekaligus Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan bertemu pimpinan Emaar Properties, Mohamed Ali Rashed Alabbar. Emaar Properties merupakan perusahaan pengembang real estate dari UEA yang terlibat dalam proyek-proyek seperti menara Burj Khalifa dan Dubai Mall.

Mohamed Ali Rashed Alabbar sebelumnya telah mengunjungi IKN Nusantara pada 26 Mei 2024 lalu. Dalam kunjungan tersebut, ia didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Perusahaan asal UEA belakangan kerap menawarkan komitmen investasi di Indonesia. Komitmen yang mereka tawarkan cenderung beragam, mulai dari wacana pembangunan fasilitas perkotaan, sarana pendidikan hingga infrastruktur penduduk industri minyak dan gas.

Adapun beberapa komitmen investasi perusahaan asal UEA di Indonesia sebagai berikut:

1. Distrik Keuangan atau Financial Center di IKN

Presiden Jokowi sempat menyinggung adanya investor asal UEA yang pernah mengajukan investasi untuk pengembangan satu blok di wilayah pusat keuangan IKN. Hal itu disampaikan  Jokowi dalam sambutan saat Groundbreaking Pakuwon Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu, 1 November 2023 silam.

Dia mengatakan investor asal UEA itu telah menyatakan diri untuk menanamkan modalnya di IKN. Kendati demikian, Jokowi belum menjelaskan besaran komitmen investasi yang diajukan oleh perusahaan UEA itu. 

Saat itu Presiden baru sebatas memberi informasi awal. Hal ini karena belum ada kesepakatan bersama antara pemerintah Indonesia dengan investor tersebut. "Dari UEA mintanya itu langsung satu blok untuk financial center," kata Jokowi. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Basuki Hadimuljono mengatakan, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Mohamed Ali Rashed Alabbar di UEA merupakan upaya untuk menindaklanjuti minat Emaar Properties terkait rencana penanaman modal di IKN.

Mohamed Ali Rashed Alabbar telah menyambangi IKN Nusantara pada 26 Mei 2024 lalu. Ia didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

“Tanggal 15 Juli dan 16 Juli 2024, Presiden Jokowi ke Abu Dhabi untuk menindak lanjuti kunjungan Ali Rashed Alabbar,” kata Basuki di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta pada Senin (8/7).

2. Kerja Sama Penyulingan Minyak Bumi

Presiden Jokowi menerima kunjungan Asosiasi Bisnis Korea Selatan (Korsel)-Uni Emirat Arab (UEA) di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (12/6). Federasi bisnis lintas negara itu menawarkan diri untuk berinvestasi pada sektor penyulingan minyak di Indonesia.

Ketua Asosiasi Bisnis Korsel-UEA Kim Kyung Hee mengatakan pihaknya sedang menjajaki potensi investasi di sektor hilir minyak dan gas bumi (migas). Dia menyebut pengembangan bisnis penyulingan minyak dapat berkontribusi pada upaya memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak di Indonesia.

 "Indonesia erat dengan kebutuhan penyulingan minyak," kata Kim Kyung Hee saat ditemui seusai pertemuan.

Pria yang juga menjabat sebagai Manajer Operasi Cabang Korsel Atlantis Wide Gas and Petro Trading itu menyebut kunjungannya mendapat tanggapan positif dari Jokowi. Dia menceritakan, Jokowi berkenan meneruskan proposal investasi penyulingan minyak itu kepada menteri dan perusahaan migas domestik. 

"Presiden menyampaikan akan menindaklanjuti, namun harus dibicarakan dulu dengan menteri," kata Kim Kyung Hee.

Melansir laman perusahaan, Atlantis Wide Gas and Petro Trading berkantor pusat di Dubai, UEA. Perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan minyak dan gas bumi itu juga membuka kantor cabang di Inggris, Hong Kong, dan Oman.

3. Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan adanya rencana investasi Cina dan Tony Blair Institute for Global Change di IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bahlil mengatakan bahwa Tony Blair Institute akan menggandeng perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA. Mereka berencana membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di IKN berkapasitas 1,2 gigawatt peak (Gwp).

Bahlil mengatakan skema kerja sama pengadaan pembangkit setrum surya ini menggunakan skema business to business (B to B) antara perusahaan UEA, Tony Blair Institute dan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN.

"Akan ada rencana pembangunan dari UEA berupa panel surya di IKN, detailnya sedang kami susun. Tapi ini difasilitasi oleh Tony Blair institute," kata Bahlil di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/4).

4. Universitas NU Yogyakarta

Presiden Jokowi turut melobi Kepala Negara Uni Emirat Arab sekaligus Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ. Tujuan lobi untuk membangun tambahan satu gedung sembilan lantai di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta.

Gedung tersebut bakal melengkapi rencana pengadaan gedung kembar sembilan lantai di UNU Yogyakarta. Saat ini, UNU Yogyakarta sudah mengoperasikan sebuah gedung sembilan lantai untuk kegiatan akademik.

"Saat ini gedung sembilan lantai sudah selesai dibangun, interior dan furniture hampir selesai," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (18/9).

Lobi Jokowi kepada MBZ ihwal kelanjutan pengadaan gedung kembar UNU Yogyakarta dilakukan saat keduanya bertemu di sela-sela kegiatan tahunan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India pada 9 September lalu.

Adapun pendirian kampus ini merupakan wujud kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan UEA yang telah ditandatangani di Abu Dhabi pada 1 Juli 2022.



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...