Luhut Akan Temui Elon Musk di AS, Bahas Peluang Investasi Pengembangan Nikel

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Juli 2024, 19:56
Elon Musk
Instagram Luhut Pandjaitan
CEO Tesla Elon Musk memenuhi undangan Indonesia dalam perhelatan World Water Forum ke-10 di Bali. Elon disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Minggu (19/5).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan menemui Elon Musk di kantor otomotif sekaligus fasilitas produksi Tesla di West Coast, California, Amerika Serikat (AS) bulan depan.

Luhut mengatakan pertemuan dirinya dengan Elon tidak terikat dengan misi bisnis tertentu. "Tidak ada misi-misi, kamu ketemu kan saya berteman dengan Elon," kata Luhut saat ditemui seusai peluncuran layanan Golden Visa di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta pada Kamis (25/7).

Selain itu, kata Luhut, belum ada komitmen dari Elon terkait rencana pembangunan pabrik kendaraan listrik Tesla di Indonesia. Dia menyebut bahwa Tesla tidak akan membangun pabrik kendaraan listrik di manapun dalam dua tahun ke depan.

Meski begitu, Luhut melihat masih ada peluang bagi Indonesia untuk menawarkan investasi pengembangan nikel kepada Elon. "Saya mau tawari dia, kami ngomong dulu lah. Terlalu prematur kalau ngomong sekarang," ujarnya.

Peluncuran Starlink

Selain menjabat sebagai pimpinan Tesla, Elon juga menduduki posisi pimpinan SpaceX. Elon sebelumnya meresmikan peluncuran layanan jaringan internet satelit milikinya, Starlink di Denpasar, Bali pada ahad (19/5).

Peluncurkan layanan Starlink dilakukan di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, pada pukul 16.45 WITA. Meski Jokowi batal hadir, Elon didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Elon mengaku antusias dalam menghadirkan konektivitas ke berbagai tempat di Indonesia melalui layanan Starlink, khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Ia menilai koneksi internet dapat membawa perubahan yang bermakna bagi para penerimanya, terutama untuk memperoleh akses pendidikan dan layanan kesehatan.

Masuknya layanan Starlink ke Indonesia membutuhkan proses sekitar 2 tahun. Rencana masuknya Starlink ke pasar Indonesia muncul dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Gedung Stargate Space X, Texas, AS pada 15 Mei 2022.

Saat itu, Jokowi bertemu langsung dengan Elon Musk. Sepak terjang Starlink sempat menuai kritik dari peneliti militer Cina, terutama terkait keamanan nasional. Dalam jurnal Modern Defense Technology, peneliti mengatakan bahwa satelit Starlink dapat terhubung ke pesawat militer di bawah enkripsi. Situs peluncurannya pun dibangun di dalam pangkalan militer.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...