Berkantor di IKN, Jokowi Akan Groundbreaking 4 Proyek

Safrezi Fitra
11 Agustus 2024, 14:35
Berkantor di IKN, Jokowi Akan Groundbreaking 4 Proyek
Dokumentasi Waskita Karya
ilustrasi proyek IKN
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan empat kegiatan peletakan batu pertama infrastruktur dalam sesi groundbreaking ke-7 di Ibu Kota Nusantara.

Hal ini akan dilakukan Jokowi di sela kunjungan dan agenda berkantor di Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur, 11–14 Agustus 2024.

"Ada empat yang diusulkan dari Otorita IKN," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono seperti dikutip Antara, Minggu (11/8). Basuki mengungkapkan hal ini di sela peninjauan sejumlah infrastruktur di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Basuki mengatakan infrastruktur yang akan diresmikan peletakan batu pertamanya oleh Presiden Jokowi adalah bangunan perbankan dan properti.

"Bank BCA, dua yang perbankan, dengan Intiland yang untuk properti, kemudian RGE (Royal Golden Eagle) itu grupnya Hotel Nusantara," ujarnya.

Selain Presiden Jokowi, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN. Saat ini Wapres Maruf telah berangkat dari Jakarta ke IKN.

Selain melakukan groundbreaking kawasan Istana Wapres di IKN Maruf juga akan mengikuti sidang kabinet paripurna. Presiden Jokowi dijadwalkan menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Garuda IKN, Senin, 12 Agustus 2024. Seluruh menteri rencananya akan hadir dalam momentum tersebut.

Hari ini pun Basuki tengah meninjau titik peletakan batu pertama atau groundbreaking Istana Wakil Presiden di IKN. Dia ingin memastikan sejumlah infrastruktur di IKN siap digunakan untuk keperluan groundbreaking, penyelenggaraan sidang kabinet paripurna hingga upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2024.

Basuki sempat meninjau embung MBH, menjajal kereta otonom tanpa rel, melihat kawasan sumbu kebangsaan, hingga meninjau hunian aparatur sipil negara (ASN) yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Menteri PUPR Basuki juga sempat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan gedung kementerian koordinator di IKN.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...