Megawati Tak Hadiri HUT RI di IKN, Pilih Pimpin Upacara Internal Partai

Ira Guslina Sufa
13 Agustus 2024, 14:23
PDIP Megawati
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) disambut Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat (kanan) saat pembukaan sekolah pimpinan legislatif di Kinasih Resort, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019).
Button AI Summarize

Presiden Indonesia ke-5 yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dipastikan tak akan menghadiri upacara hari ulang tahun (HUT) RI di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Selatan. Hal itu terkonfirmasi dari pernyataan yang disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Djarot Saiful Hidayat. 

Menurut Djarot Megawati sudah memiliki agenda di internal partai. "Ibu Mega diagendakan memimpin upacara 17-an di Sekolah Partai," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Selasa (13/8). 

Djarot menjelaskan permintaan agar Mega menjadi inspektur upacara merupakan permintaan dari internal partai. Kesempatan itu sekaligus menjadi momen Mega memberi arahan kepada pengurus PDIP menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. 

Di sisi lain, Djarot enggan memberikan pernyataan lebih lanjut terkait kehadiran Megawati saat Upacara HUT Ke-79 RI di IKN. Saat ditanya hal itu, ia langsung berjalan meninggalkan awak media.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden mulai mendistribusikan undangan kepada mantan presiden dan mantan wakil presiden untuk menghadiri agenda Upacara HUT Ke-79 RI pada tanggal 17 Agustus 2024. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan sejumlah tokoh masyarakat turut diundang. 

Yusuf mengatakan bahwa undangan bagi para mantan kepala negara di Indonesia itu butuh segera dikonfirmasi. Hal itu diperlukan agar Setpres dapat mengatur rencana kedatangan mereka dengan sebaik-baiknya.

Menurut Jusuf Presiden Joko Widodo turut mengundang Ketua DPR RI Puan Maharani yang mewakili legislatif. "Jadi, undangannya kami bagi, undangan yang di Istana Merdeka Jakarta maupun juga undangan di Istana Negara IKN," kata Yusuf. 

Ia menjelaskan undangan ke Istana Negara IKN disampaikan kepada para pimpinan ketua dan wakil lembaga negara, dan para menteri kabinet. Panglima TNI, Kapolri, kepala staf angkatan, hingga tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh budaya juga turut diundang. .

Ia menambahkan pula bahwa calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto juga diundang untuk mendampingi Presiden Jokowi saat upacara HUT RI di IKN. "Di IKN, di dalam itu, kami persiapkan sekitar 1.400 kursi, tetapi juga di depannya tentu kami antisipasi siapkan untuk masyarakat dan para pekerja yang bekerja membangun IKN ini juga akan dihadirkan," kata Yusuf. 

Sementara itu, yang diundang di Istana Merdeka Jakarta, antara lain Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Para mantan wakil presiden lainnya juga akan diundang ke Istana Merdeka.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...