Top News: Ditjen Pajak Pantau Rekening Rp 1 M dan Menkeu Tarik Utang Baru

Aryo Widhy Wicaksono
15 Agustus 2024, 05:25
Petugas melayani wajib pajak di Ditjen Pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Meulaboh, Aceh, Selasa (27/2/2024).
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Petugas melayani wajib pajak di Ditjen Pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Meulaboh, Aceh, Selasa (27/2/2024).
Button AI Summarize

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan mengawasi rekening yang memiliki dana lebih dari Rp 1 miliar, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menarik utang baru, serta CEO Starbucks mengundurkan diri.

Beragam isu tersebut merupakan sebagian artikel terpopuler Katadata.co.id pada Selasa (14/8). Beritanya kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id berikut ini:

1. Siap-siap, Rekening Nasabah di Atas Rp 1 Miliar Bakal Dipantau Ditjen Pajak

Pemilik rekening di atas Rp 1 miliar harus bersiap-siap karena Ditjen Pajak Kementerian Keuangan bakal mengawasi rekening tersebut demi menjaga validitas data perpajakan.

Saat ini Ditjen Pajak Kementerian Keuangan bisa melihat informasi rekening untuk nominal tertentu dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 47 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Mengenai Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan beleid tersebut dibuat untuk menjaga validitas data perpajakan.

“Data ini juga dapat dipertukarkan lebih valid secara validitas dan ketepatannya,” kata Suryo dalam konferensi pers APBN KiTA Edisi Agustus 2024, Selasa (13/8).

Untuk itu, PMK Nomor 47 Tahun 2024 juga mengatur berkaitan dengan due diligence (uji tuntas) yang harus dilakukan perbankan atau lembaga keuangan. Hal itu perlu dilakukan perbankan sebelum nasabah membuka rekening.

2. Saat Ekonomi Lesu, Sri Mulyani Tarik Utang Baru Rp 266,3 T hingga Juli 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hingga 31 Juli 2024, penarikan pembiayaan utang sudah mencapai Rp 266,3 triliun.

Dia menuturkan hal tersebut dilakukan untuk merespons pelemahan ekonomi seperti dari sisi harga komoditas.

“Karena tadi semua komoditas sudah reverse back ke harganya sehingga memang defisitnya diperkirakan pasti lebih tinggi dari 2023 dan ini sudah mulai terlihat dari pembiayaan kita,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi Agustus 2024, Selasa (13/8).

Bendahara negara itu menjelaskan, penarikan utang dalam postur APBN 2024 ditargetkan mencapai Rp 648,1 triliun. Dengan begitu, penarikan pembiayaan utang per Juli 2024 realisasinya sudah mencapai 41,1%.

Sri Mulyani menuturkan pada tahun lalu pemerintah mengerem penarikan utang baru untuk pembiayaan anggaran. Hal itu dikarenakan harga komoditas masih tinggi sehingga berdampak pada meningkatnya setoran pajak.

3. Hasto Bicara Peluang PDIP Usung Anies Baswedan: Kami Lihat dan Cermati

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto buka suara soal peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di-'merahkan'.

Hasto mengatakan hal itu ketika ditanyai kemungkinan Anies mengikuti jejak mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diusung PDIP untuk kembali berlaga di Pilkada Sumut.

"Kami lihat, cermati," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

PDIP hari ini telah mengumumkan sejumlah calon kepala daerah mereka di Pilkada 2024. Meski demikian, belum ada nama cagub Jakarta yang diumumkan.

"Nanti Ibu Mega yang memutuskan untuk Jakarta," kata Hasto.

4. CEO Starbucks Laxman Narasimhan Mengundurkan Diri, Efek Boikot?

CEO Starbucks Laxman Narasimhan mengundurkan diri di tengah jebloknya penjualan jaringan kedai kopi global ini imbas boikot Israel.

Starbucks pun mengangkat Brian Niccol yang saat. ini masih memimpin Chipotle, jaringan restoran meksiko sebagai penggantinya. Niccol akan memulai peran barunya pada 9 September 2024.

Direktur Keuangan Starbucks Rachel Ruggeri akan menjabat sebagai CEO sementara hingga saat itu. Sementara Mellody Hobson,yang saat ini menjadi ketua dewan Starbucks, akan menjadi direktur independen utama.

Niccol memiliki rekam jejak yang mengesankan di Chipotle. Sejak menjadi CEO pada 2018, ia mengubah Chipotle dengan fokus pada orang dan budaya, merek, inovasi menu, keunggulan operasional, dan transformasi digital.

Pendapatan jaringan restoran meksiko ini pun naik hampir dua kali lipat, laba meningkat hampir tujuh kali lipat, dan harga saham meningkat hampir 800% selama kepemimpinannya.

Kinerja ini beriringan dengan kenaikan upah pekerjanya, tambahan tunjangan, dan penguatan budaya perusahaan.

5. Inflasi AS Lebih Rendah dari Ekspektasi, Rupiah Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Sejumlah analis memperkirakan pergerakan rupiah hari ini masih berpeluang untuk menguat. Pada perdagangan sore kemarin (13/8), mata uang rupiah ditutup menguat tajam 122 poin ke level 15.832 per dolar AS dan diproyeksikan kembali perkasa hari ini, Rabu (14/8).

“Rupiah bisa mendapatkan booster lagi hari ini terhadap dolar AS karena data producer price index AS Juli 2024 semalam dirilis lebih rendah dari ekspektasi pasar 0,1% versus 0,2%,” kata pengamat psar uang Ariston Tjendra kepada Katadata.co.id.

Dia menjelaskan hasil tersebut memperkuat peluang pemangkasan suku bunga acuan AS sehingga dolar AS bergerak melemah. Indeks dolar AS pada pagi ini juga berada pada kisaran 102,60-an di bawah pergerakan pagi kemarin yang di kisaran 103,20-an.

Berdasarkan data Bloomberg hari ini pukul 08.57 WIB, rupiah terpantau terus menguat terhadap dolar AS. Rupiah berada pada level 15.714 per dolar AS yang menunjukan penguatan 118,50 poin atau 0,75%.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...