Top News: Tuntutan Driver Ojol dan Peluang Anies Maju Pilkada Kandas

Aryo Widhy Wicaksono
30 Agustus 2024, 05:40
Kumpulan massa ribuan pengemudi ojek online (ojol) menggelar unjuk rasa.
ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/tom.
Massa yang tergabung dalam Koalisi Ojol Nasional (KON) berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (29/8/2024).
Button AI Summarize

Ribuan pengemudi ojol dan kurir menggelar unjuk rasa di depan kantor Kementerian Kominfo. Mereka mengajukan beragam tuntutan terkait dengan tarif antar makanan dan barang.

Para pengemudi ojol menilai ada perlakuan yang kurang adil terkait tarif, karena menurut mereka biaya bagi hasil dengan aplikator atau potongan komisi terlalu besar sehingga membebani pengemudi.

Kemudian, mereka juga meminta agar aplikator menghilangkan program layanan tarif hemat.

Unjuk rasa para pengemudi ojol menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id pada Kamis (29/8). Selain itu, langkah Anies untuk maju menjadi calon gubernur kandas, serta rencana RUPSLB GOTO.

Beragam artikel terpopuler ini kami rangkum ke dalam Top News Katadata.co.id.

1. Detail Tuntutan 2.000 Driver Ojol Gojek, Grab, Maxim, ShopeeFood Demo Hari Ini

Ribuan pengemudi ojek online alias ojol dan kurir menggelar demonstrasi di depan kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo pada Kamis siang (29/8) pukul 13.00 WIB.

Mereka juga berencana off bid atau tidak mengambil order.

Pengemudi ojol dan kurir yang akan berdemo tergabung dalam Koalisi Ojol Nasional atau KON. Kelompok lainnya seperti Asosiasi Driver Online atau ADO turut mendukung.

2. GOTO RUPSLB Besok, Minta Restu Tarik Kembali Saham Treasuri

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa atau RUPSLB pada Jumat (29/8). RUPS Luar Biasa tersebut bertujuan untuk meminta restu pemegang saham terkait rencana pengurangan modal perseroan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, GOTO menjelaskan bakal menarik kembali saham treasuri perseroan sebagai aksi dari rencana pengurangan modal. Melansir Stockbit, saham treasuri yaitu saham hasil pembelian kembali atau buyback.

Biasanya perusahaan terbuka melaksanakan pembelian kembali saham ketika harga sahamnya dianggap undervalued sehingga harga saham tidak semakin turun.

"Saham treasuri berasal dari saham yang dibeli kembali pada 31 Desember 2023 yakni sebanyak 10,26 miliar saham seri A," tulis Manajemen GOTO dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (29/8).

3. Hari Terakhir Pendaftaran Cagub, Peluang Anies Maju Pilgub Diusung Parpol Kandas

Pendaftaran calon Gubernur (cagub)-Wakil Gubernur yang akan berlaga di Pilkada 2024 telah memasuki hari terakhir pada hari ini, Kamis (29/8).

Di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta, peluang Anies Baswedan untuk diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik telah kandas.

Pasalnya, partai politik yang belum mengusung calon di Pilgub Jakarta tak memenuhi ambang batas pencalonan.

Berpedoman pada Pasal 11 ayat (1) PKPU Nomor 10/2024, partai politik atau gabungan partai politik setidaknya harus menutup suara 7,5% untuk mengusung calon di Pilgub.

Di sisi lain, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya menuturkan, partai politik yang telah mengusung calon tak dapat mengganti dukungannya apa bila telah mendaftar.

4. MD Entertainment (FILM) Mau Caplok NETV Rp1,65 Triliun

PT MD Entertaiment Tbk (FILM) mengungkap rencana akuisisi atas 80,05% saham PT Net Visi Media Tbk (NETV) dengan nilai transasksi Rp1,65 triliun. Jika transaksi selesai dilakukan, maka MD Entertaiment akan menjadi pemegang saham pengendali baru NETV.

Mengutip data keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), akusisi dilakukan dalam tiga skema.

Pertama adalah membeli utang yang kemudian dikonversikan menjadi 13.238.946.827 saham NETV senilai Rp 661,95 miliar setelah pelaksanaan Rencana Penggabungan Saham.

Terkait dengan pembelian utang tersebut, pada tanggal 26 Agustus 2024, perseroanan Newton Capital Ltd (NCL) telah menandatangani Conditional Sale and Purchase Agreement Over Loan Asset.

Perseroan berencana untuk membeli utang dan menerima pengalihan pihak kepemilikan dan kepentingan NCL yang jumlahnya sebesar 75,00% dari Rp 882,60 miliar dengan nilai transaksi sebesar Rp 661,95 miliar dari NCL pihak ke tiga yang tidak terafiliasi dengan Perseroan.

5. Bank BTPN Resmi Ganti Nama Jadi Bank SMBC Indonesia

apat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank BTPN Tbk (BTPN) menyetujui perubahan nama perusahaan menjadi PT Bank SMBC Indonesia Tbk. Transformasi merek ini mencerminkan sinergi yang lebih kuat antara Bank BTPN dengan induk usahanya, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).

"Langkah ini menandai transformasi Bank BTPN untuk merespons dinamika pasar dan portofolio yang terus berkembang," ujar Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar, dalam pernyataan resmi, Kamis (29/8).

Ia berharap Bank BTPN dapat memperkuat posisi di pasar domestik dan menegaskan relevansi perseroan bagi segmentasi yang lebih luas melalui layanan keuangan yang komprehensif dan inovatif di seluruh lini bisnis.

Sebelumnya, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) telah merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia pada 2019. Meski ada transformasi merek, Bank BTPN dan pemegang sahamnya tetap berkomitmen untuk berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian Indonesia melalui beragam inisiatif.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...