Trump Setop Danai WHO, Bill dan Melinda Gates Sumbang Rp 3,9 Triliun

Pendiri Microsoft dan istrinya menambah donasinya ke WHO, menjadi US$ 250 juta untuk mengatasi pandemi corona. Ini karena Trump menyetop pendanaan.
Desy Setyowati
16 April 2020, 08:47
Trump Setop Danai WHO, Bill dan Melinda Gates Sumbang Rp 3,9 Triliun
Arief Kamaludin|KATADATA
Pendiri Microsoft Bill Gates

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyetop pendanaan ke WHO, meski pandemi corona meluas. Karena itu, Pendiri Microsoft Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation menambah sumbangannya menjadi US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun untuk membantu organisasi menangani wabah virus corona.

Bill & Melinda Gates Foundation menambah donasi US$ 150 juta kepada WHO, sehingga totalnya menjadi US$ 250 juta. Sumbangan ini untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19, vaksin dan langkah-langkah kesehatan lainnya.

Melinda Gates mengungkapkan keprihatinannya atas sikap Trump yang menarik dana dari WHO. “Ini tidak masuk akal (dilakukan) saat pandemi,” kata dia melalui wawancara telepon, dikutip dari Reuters, Kamis (16/4).

(Baca: Kasus Positif Corona Tembus 2 Juta, WHO Kaji Dampak AS Setop Pendanaan)

Advertisement

Pasangan tersebut lantas menambah donasinya, karena khawatir kekurangaan dana di WHO akan sulit diisi dari mitra lain. Apalagi, ada banyak negara miskin dan populasinya rentan terjangkit virus corona.

“Kami perlu mengatasi apa yang baru saja dimulai di negara-negara Afrika dan Asia Selatan. Kami melihat kebutuhan yang sangat besar, dan itulah mengapa kami meningkatkan komitmen lebih dari dua kali lipat,” katanya.

Gates mengatakan, masyarakat miskin rentan terdampak krisis Kesehatan. “Kita harus memastikan, bantuan tunai diberikan dan mereka memiliki akses ke perawatan kesehatan primer,” ujar dia.

Suaminya, Bill Gates juga mengecam tindakan Trump. "Menghentikan pendanaan untuk WHO saat krisis kesehatan dunia sama berbahayanya dengan kedengarannya. Dunia membutuhkan WHO sekarang, lebih dari sebelumnya,” kata dia melalui Twitter.

Selain Bill dan Melinda Gates, sejarawan Israel Yuval Noah Harari mengajak banyak orang untuk membantu WHO mengatasi pandemi corona. Caranya, dengan menggalang donasi lewat www.covid19responsefund.org.

“Kami menyerukan kepada Anda semua untuk bekerja sama dan saling membantu selama masa-masa sulit ini,” ujar penulis buku Sapiens: A Brief History of Humankind tersebut, melalui Instagram.

(Baca: Setop Dana WHO di Tengah Corona, Trump Tuai Kecaman Internasional)

Gerakan-gerakan tersebut dilakukan, lantaran Trump menyetop pendanaan ke WHO untuk mengatasi pandemi corona.  Negeri Paman Sam menyumbang lebih dari US$ 400 juta pada tahun lalu, atau sekitar 15% dari anggaran.

Seorang pejabat senior administrasi mengatakan, Washington akan menghentikan kontribusi senilai US$ 58 juta yang seharusnya dibayarkan untuk tahun ini. AS juga sudah menyediakan beberapa ratus juta dolar per tahun untuk pendanaan sukarela, terkait program tertentu WHO.

"Uang itu akan dihabiskan untuk mitra lain," kata pejabat senior administrasi Trump lainnya. (Baca: Resmi Setop Dana ke WHO, Ini Kontroversi Trump Lain Terkait Covid-19)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait