Spotify Tak Lagi Sediakan Fitur Unggah Musik Secara Langsung

Michael Reily
6 Juli 2019, 12:32
Spotify menghentikan fitur unggah musik secara langsung.
Instagram/@spotify
Ilustrasi Spotify menghentikan fitur unggah musik secara langsung.

Penyedia layanan streaming musik, Spotify menghentikan fitur unggah musik per 30 Juli. Padahal, fitur ini memungkinkan musisi indie untuk mengunggah musik mereka sendiri melalui platform tersebut.

Spotify mengungkapkan dua alasan utama pembatalan fitur tersebut. Pertama, Spotify telah bekerja sama dengan mitra distribusi untuk memastikan kualitas metadata dan menjaga karya musisi secara hukum.

“Terima kasih kepada para seniman yang berpartisipasi dalam unggahan beta kami,” kata Spotify dalam pengumuman resminya kepada para musisi dikutip dari Tech Crunch, beberapa waktu lalu (1/7).

(Baca: Mirip InstaStory, Spotify Bakal Rilis Fitur Storyline)

Kedua, Spotify memilih fokus pada fitur yang diklaim lebih unik bagi musisi seperti Spotify for Artists, yang telah digunakan oleh 300 ribu pengguna. Spotify percaya bahwa distribusi musik akan lebih baik ditangani oleh mitra.

Dengan demikian, lagu yang sudah diunggah akan dialihkan ke mitra Spotify. “Kami bekerja sama dengan mitra distribusi untuk membuat transisi ini sesederhana mungkin bagi para seniman yang mengunggah musik melalui beta,” kata Spotify.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...