Tempat Wisata dan Atraksi Barongsai Bisa Disaksikan Virtual saat Imlek

Desy Setyowati
12 Februari 2021, 10:57
Tempat Wisata dan Atraksi Barongsai Bisa Disaksikan Virtual saat Imlek
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Barongsai beraksi menghibur pengunjung dalam pertunjukan bertajuk "YinYang: Living in Harmony" di Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Pandemi corona memaksa masyarakat untuk beraktivitas di rumah, bahkan di tengah perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina. Pemerintah pun mengimbau warga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata secara virtual.

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Taman Impian Jaya Ancol misalnya, menggelar atraksi barongsai secara virtual. “Saya berharap warga Jakarta turut menikmati rangkaian perayaan meski dari rumah,” kata Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Zein dikutip dari Antara, Kamis (11/2).

Advertisement

Pemprov DKI Jakarta menggandeng sejumlah komunitas seperti Jakarta Experience Board (Jaktour) untuk menggelar perayaan Imlek virtual selama 11-26 Februari. Puncak acara Jakarta Imlekan 2021 digelar malam tadi Pukul 19.00 WIB.

Lalu, Matakin akan tayang pada Minggu (14/2) Pukul 10.00 WIB. Kemudian, perayaan Cap Go Meh dengan siaran langsung (live streaming) barongsai pada Jumat (26/2) Pukul 19.00 WIB.

Selain itu, terdapat kampanye edukasi masyarakat tentang keberagaman Jakarta, konten berseri mengenai tradisi hingga sejarah Imlek di ibu kota.

Ada juga foto esai yang menampilkan figur-figur yang erat dengan Imlek. Lalu, penayangan video Imlek pada videotron/LED di Jakarta dan sembahyang oleh etnis Tionghoa.

Sederet acara tersebut dapat disaksikan melalui kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta, serta Instagram @dkijakarta, @plusjakarta, dan @jxboard.

Selain Pemprov DKI Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol  menggelar atraksi barongsai dalam air di akuarium utama Sea World Ancol pada 12-14 Februari Pukul 13.30 WIB. Acara ini dapat disaksikan virtual lewat akun Instagram @seaworld.ancol dan kanal Youtube Ancol Taman Impian.

Masyarakat dapat menyaksikan langsung di Ancol dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Caranya, membeli tiket secara online. Kuota juga dibatasi hanya 25% dari kapasitas dan jam operasional hanya berlangsung Pukul 06.00-20.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement