Menteri ESDM Pastikan Api di Kilang Balongan Sudah Padam

Desy Setyowati
3 April 2021, 14:46
Menteri ESDM Pastikan Api di Kilang Balongan Sudah Padam
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Priyo Widianto/Handout/DA/wsj.
Tim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api di lokasi insiden terbakarnya tangki penyimpan BBM di Kilang Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan api di tangki Kilang Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah padam. Saat ini dilakukan pendinginan.

"Alhamdulillah, api sudah bisa dipadamkan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Indramayu, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Sabtu (3/4).

Meski begitu, Pertamina masih terus melakukan pendinginan di tangki yang terbakar. Ini bertujuan menurunkan temperatur agar tidak menimbulkan api kembali.

Apalagi, ia mencatat bahwa empat tangki Kilang Balongan sebenarnya sudah padam. Namun, selang beberapa jam, api muncul kembali. Ini karena minyak yang tersisa masih panas dan berkontak langsung dengan udara.

Namun ia memastikan bahwa kebakaran di empat tangki sudah bisa diatasi dan padam.

Sebelumnya, GM PT Pertamina RU VI Balongan Hendri Agustian membenarkan bahwa api sebenarnya sudah padam pada Kamis (1/4). Namun, api kembali muncul dan membakar satu tangki T-301H pada malam hari.

“Itu karena ada pergerakan busa di atas tangki dan anginnya kencang. Ini membuat udara masuk dan berkontak dengan minyak yang panas,” kata Hendri, Jumat (1/4).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...