7 Pemimpin ASEAN Akan Hadiri KTT di Jakarta untuk Bahas Krisis Myanmar

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 April 2021, 09:06
7 Pemimpin ASEAN Akan Hadiri KTT di Jakarta untuk Bahas Krisis Myanmar
ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/hp/cf
Anggota militer berpartisipasi dalam sebuah parade pada Hari Angkatan Bersenjata di Naypyitaw, Myanmar, Sabtu (27/3/2021).

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN akan digelar di Jakarta, besok (24/4). Ada tujuh pemimpin negara yang bakal menghandiri pertemuan ini untuk membahas krisis di Myanmar dengan pimpinan Junta Min Aung Hlaing.

Ketujuh pemimpin negara anggota ASEAN yang hadir yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. “Mereka akan menghadiri pertemuan puncak yang membahas krisis di Myanmar,” kata para diplomat dan pejabat di Jakarta, dikutip dari Reuters, Kamis (22/4).

Advertisement

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dikonfirmasi tidak hadir. Mereka akan diwakili oleh menteri luar negeri masing-masing negara.

Pertemuan tersebut akan membahas krisis dan ketegangan yang terjadi di Myanmar akibat kudeta pemerintahan sipil oleh militer. Hingga saat ini, tercatat ratusan pengunjuk rasa pro-demokrasi tewas dibunuh aparat keamanan sejak kudeta 1 Februari lalu.

Para pejabat dan diplomat menilai, KTT ASEAN menjadi upaya internasional pertama untuk bisa meredakan krisis di Myanmar. Selain itu, merupakan pembuktian semua negara anggota untuk berkomitmen tidak mencampuri urusan internal dan bekerja sama berdasarkan konsensus.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak para pemimpin ASEAN untuk mencegah perluasan dampak krisis Myanmar, terutama dari sisi kemanusiaan di luar perbatasan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement