Indonesia Kembali Terima 5,7 Juta Dosis Vaksin Pfizer

Indonesia kembali menerima tiga tahap vaksin Covid-19, total 5,7 juta dosis vaksin Pfizer. Secara keseluruhan, Nusantara mendapatkan 355,7 juta dosis vaksin corona.
Desy Setyowati
21 November 2021, 16:26
vaksin pfizer, vaksin covid-19, vaksin corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Soeren Stache/Pool /hp/cf
Seorang perempuan menerima suntikan pertama dari dua suntikan dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di pusat vaksinasi Metropolis-Halle, saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) terus berlanjut di Potsdam, Jerman, Selasa (5/1/2021).

Indonesia kembali menerima kedatangan tiga tahap vaksin Covid-19 pada 20 – 22 November. Total yang tiba kali ini sekitar 5.758.740 juta dosis vaksin Pfizer.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan, vaksin corona tersebut akan segera didistribusikan ke berbagai daerah. Ini supaya program penyuntikan vaksin berjalan lancar dan lebih cepat.

“Vaksin tahap ke 126, 127, dan 128 ini mendarat di berbagai kota di Indonesia dan akan langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan di daerah-daerah,” kata Usman dalam keterangan resmi, Minggu (21/11).

Kedatangan vaksin tahap 126 dan 127 merupakan donasi dari Pemerintah Amerika melalui COVAX. Total vaksin Pfizer tahap 126 yakni 2.632.500 dosis, yang tiba pada Sabtu (20/11).

Advertisement

Sedangkan total vaksin Pfizer tahap 127 yaitu 866.970 dosis, yang akan tiba pada Senin (22/11). Keduanya berupa vaksin jadi.

“Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Amerika Serikat atas dukungan berupa 3,5 juta dosis vaksin Pfizer. Ini merupakan wujud nyata kekuatan hubungan baik kedua negara,” kata Usman.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan antara kedua kepala negara di Skotlandia beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi secara langsung kepada Presiden AS Joe Biden atas kerja sama bidang kesehatan selama pandemi corona.

Kerja sama itu mulai dari penerimaan stok vaksin melalui mekanisme dose-sharing, ventilator, obat-obatan teurapeutik, dan alat kesehatan lainnya.

Sedangkan kedatangan vaksin Pfizer tahap 128 total 2.259.270 dosis merupakan hasil pembelian langsung. Vaksin corona itu mendarat hari ini (22/11) dan dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta; Bandara Ahmad Yani, Semarang; Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Vaksin tahap 128 yang diterima di Jakarta akan dikirimkan ke Dinkes Kalimantan Barat, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Kalimantan Tengah, Dinkes Riau, Dinkes Sulawesi Selatan, Dinkes Sumatera Utara, Dinkes Sumatera Selatan, Dinkes Banten, serta Dinkes Jawa Barat.

Sedangkan vaksin Covid-19 yang tiba di tiga kota lainnya akan diteruskan ke dinas kesehatan provinsi setempat.

Dengan kedatangan tahap 126, 127, dan 128, maka total jumlah vaksin yang telah diterima Indonesia sekitar 355,7 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun bulk.

Total vaksin yang terdistribusi selama Januari – Oktober lebih dari 267 juta dosis. “Kami tegaskan, seluruh vaksin Covid-19 yang digunakan ini aman dan berkhasiat. Sudah mendapatkan izin BPOM,” ujar Usman.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait