Menteri Luhut Ungkap Persiapan Indonesia Hadapi Covid-19 Omicron

Desy Setyowati
4 Januari 2022, 07:05
Luhut Binsar Pandjaitan. luhut, covid-19, virus corona, omicron
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pidato saat pembukaan Festival UMKM Toba Vaganza di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (12/11/2021).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah sangat siap dalam menghadapi penyebaran Covid-19 varian Omicron. Kesiapan ini ditinjau dari sisi persediaan obat-obatan hingga rumah sakit.

"Kesiapan kami menghadapi Omicron, saya kira sudah sangat terkendali, tetapi tetap dengan hati-hati,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/1).

Ia mengatakan, vaksinasi Covid-19 terus digencarkan. Selain itu, obat-obatan dan rumah sakit disiapkan. “Semua yang dibutuhkan kami sudah siapkan. Jadi jauh lebih siap," ujarnya.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia menyampaikan beberapa langkah untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Hal ini di antaranya:

  1. Membedakan periode karantina. Pelaku perjalanan dari negara dengan kasus Omicron tinggi wajib karantina 10 hari. Sedangkan negara dengan kasus Omicron rendah tujuh hari.
  2. Menggencarkan vaksinasi Covid-19
  3. Menyiapkan obat-obatan, rumah sakit, dan para dokter atau tenaga kesehatan dalam menghadapi varian Covid-19 terbaru.
  4. Menyiapkan fasilitas karantina

"Jadi saya ingin sampaikan, mohon teman-teman sadar, kita tidak bisa memberikan diskresi (pelonggaran) kebanyakan lagi. Hanya mengacu kepada SE Satgas yang ada. Kalau tidak, kita tidak disiplin," katanya.

Ia menyampaikan, Omicron sudah berkembang di 132 negara. Sedangkan Indonesia berada di urutan 40.

Di Tanah Air, ada 152 kasus positif Omicron. “Yang sudah sembuh 23%. Jadi, angka ini kami lihat masih cukup baik dibandingkan (negara) yang lain,” kata Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...