5 Tahun Berdiri, AMSI Berfokus Atasi Hoaks hingga Ujaran Kebencian

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan berfokus membangun ekosistem dunia digital yang sehat. Utamanya, di tengah maraknya hoaks dan ujaran kebencian.
Desy Setyowati
28 Januari 2022, 06:20
AMSI, media siber, hoaks, ujaran kebencian, pers
AMSI
AMSI menggelar Rakernas pada 28 - 29 Januari 2022

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) selama dua hari di Yogyakarta. Puluhan peserta yang hadir akan merumuskan kerangka kebijakan jangka panjang sebagai rencana strategis organisasi perusahaan media pers di Tanah Air.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, asosiasi bakal berfokus pada program internal dan eksternal. Secara internal, AMSI akan memfokuskan diri pada capacity building setiap anggota yang menyebar dari Aceh hingga Papua.

“Penguatan kapasitas dengan menyediakan pelatihan dan mentoring dari sisi konten, infrastuktur, serta bisnis. Untuk semua itu, kami bekerja sama dengan banyak pihak,” kata Wens dalam keterangan pers, Kamis (27/1). 

Dalam konteks eksternal, asosiasi yang dideklarasikan pada18 April 2017 itu merasa berkewajiban untuk ikut menyehatkan ekosistem dunia digital. Ini utamanya dari sampah digital seperti hoaks dan ujaran kebencian, yang mengotori dunia digital dan menganggu keadaban ruang publik.

Advertisement

Ketua Panitia Rakernas Amrie Hakim menambahkan, Rakernas AMSI tahun ini mengambil tema ‘Kolaborasi Membangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan’. Rapat bakal digelar akhir pekan ini, tepatnya 28 - 29 Januari.

Peserta yang akan menghadiri Rakernas AMSI terdiri dari ketua umum, wakil ketua I, sekretaris jenderal, bendahara umum, para ketua departemen di kepengurusan, kemudian koordinator wilayah, dan ketua AMSI wilayah.

“Rakernas ini merupakan agenda tahunan AMSI yang penting,” ujar Amrie, Rabu (26/1). Dalam Rakernas, akan ada pembahasan dan perumusan usulan-usulan program kerja yang ditetapkan sebagai acuan tahun ini.

Tujuan Rakernas sebagai berikut:

  1. Wadah konsolidasi dan koordinasi antar-pengurus AMSI
  2. Membangun kesepahaman dan berbagi pengalaman antar-peserta
  3. Meningkatkan kapasitas peserta Rakernas
  4. Merumuskan strategi pelaksanaan prioritas program AMSI 2022
  5. Perumusan rencana kerja tindak lanjut masing-masing departemen pengurus 

“Sesuai dengan hasil rumusan Kongres AMSI 2020, menjalankan roda organisasi sesuai dengan visi adalah hal mutlak,” kata Amrie.

AMSI merupakan salah satu organisasi perusahaan media konstituen Dewan Pers di Indonesia. Asosiasi ini tersebar di 24 provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sekain itu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Bali, Papua, dan Maluku. 

Melalui Rapat Kerja Nasional AMSI 2022, asosiasi berharap Rakernas menjadi tahapan penting dalam membangun sinergi. Dengan begitu, dapat memperkuat AMSI sebagai organisasi dan anggota, yakni perusahaan-perusahaan media siber.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait